Peneliti Temukan Malware Berkonten Dewasa di Game Android Anak

Peneliti Menemukan Malware Berkonten Dewasa di Game Anak

Perusahaan keamanan Check Point belum lama ini mengungkap bahwa mereka telah menemukan malware baru di Google Play Store yang menyawarkan sebagai game khusus anak-anak. Dan parahnya lagi, malware ini akan menampilkan iklan dengan konten yang sangat tidak sesuai dengan kelompok usia mereka.

Laporan Check Point tentang malware ini memperingatkan bahwa malware akan menampilkan iklan dengan konten pornografi pada saat game dimulai, yang salah kontennya menampilkan foto dari artis Kim Kardashian. Malware ini diberi kode AdultSwine, dalam beberapa kasunya, malware ini juga akan memberitahu pengguna anak untuk men-download aplikasi anti-virus palsu. Malware ini mencoba untuk menipu pengguna anak dan berupaya agar si anak mau memasukan nomor telepon mereka.

Malware ini akan memunculkan iklan pada saat game dimainkan, dengan diberi judul yang menarik bagi anak-anak seperti “Drawing Lessons Lego Ninjago.” Dan pastinya akan banyak pengguna anak-anak yang tertipu dengan judul iklan ini dan mengklik pop-up yang muncul.

Beberapa game yang disinyalir membawa malware ini memang telah dihapus dari Google Play Store, namun Check Point memperingatkan bahwa kemungkinan besar ancaman berbahaya ini akan terus berlanjut dan mungkin akan muncul dengan gaya baru.

Meskipun kita men-download langsung dari sumber terpercaya Google Play Store, namun masih banyak saja aplikasi dan game yang membawa malware. Untuk itu kita sebagai pengguna Android dan orang tua harus selalu waspada. Sebelum download game atau aplikasi, pastikan dulu untuk membaca review dari pengguna lain yang telah lebih dulu mencobanya.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Google sendiri sudah memberikan klarifikasi:

“Kami telah menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dari Play, menonaktifkan akun si pengembangnya, dan akan terus melanjutkan untuk memberi peringatan kepada siapa saja yang telah menginstalnya. Kami sangat menghargai kerja keras Check Point untuk membantu pengguna tetap aman.”

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments