Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Tubuh

Cinnamon atau kayu manis merupakan salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk memberikan aroma pada masakan dan minuman, dan juga telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Dan bahkan kayu manis pada jaman dahulu pernah menjadi mata uang seperti emas.

Kayu manis merupakan sumber yang sangat baik bagi serat diet, zat besi dan kalsium, serta memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yang menjadikannya sebagai salah satu rempah yang paling popular. Bahan ini memiliki dua tipe yang umum: Tipe cassia yang berwarna lebih gelah dengan rasa manis pahit. Dan tipe Ceylon yang berwarna lebih terang dan memiliki rasa yang lebih manis.

Kedua tipe kayu manis ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk memiliki fungsi antioksidan dan memiliki potensi untuk menurunkan kadar gula darah bagi orang yang menderita diabetes.

Beberapa manfaat kayu manis:

1. Manfaat Kayu Manis Sebagai Antioksidan

Kemampuan antioksidan yang dimiliki oleh rempah ini pertama kali diteliti pada tahun 1999. Kayu manis kaya akan polifenol, asam fenolik, dan antioksidan flavonoid yang membantu tubuh melawan radikal bebas dan dapat membantu menurunkan stres oksidatif dalam tubuh yang menyebabkan penuaan dan penyakit.

2. Manfaat Kayu Manis Sebagai Anti Radang

Antioksidan aktif yang ada didalam kayu manis memproduksi efek anti radang yang sangat baik, yang dapat melindungi tubuh dari memproduksi penyakit serius karena peradangan.

3. Manfaat Kayu Manis Mencegah Penyakit Jantung

Kayu manis berpotensi meningkatkan kesehatan jantung karena terbukti efektif dalam memperbaiki faktor penting kesehatan kardiovaskuler yang baik dengan menjaga kadar kolesterol dan trigliserida.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

4. Manfaat Kayu Manis Melindungi Dari Diabetes

Kayu manis memiliki efek positif pada kadar gula darah pada penderita diabetes. Penelitian yang dilakukan tahun 2009 menunjukan penurunan yang signifikan kadar glukosa dalam darah. Dan beberapa penelitian lain menunjukan kayu manis memiliki efek yang sangat positif bagi gula darah.

5. Manfaat Kayu Manis Mencegah Penyakit Degeratif Susunan Saraf Pusat

Penelitian menunjukan, efek antioksidan dari kayu manis bisa menjadi salah satu faktor penurunan resiko stres oksidatif dan penuaan sel otak yang menyebabkan kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.

6. Manfaat Kayu Manis Melawan Bakteri

Kayu manis menjadi bahan yang efektif untuk menangani infeksi dan virus yang disebabkan oleh bakteri yang berbeda. Kayu manis juga memiliki efek anti jamur yang sangat kuat.

7. Manfaat Kayu Manis Meningkatkan Kesehatan Mulut

Kayu manis juga memiliki efek anti microba yang efektif untuk melindungi dari penyakit mulut dan juga mencegah bau mulut.

Efek Samping Dari Kayu Manis

Meski memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat baik bagi tubuh manusia, namun langkah pencegahan perlu dilakukan, terutama untuk dosis yang tinggi. Jumlah yang tinggi dari kayu manis dapat menyebabkan iritasi pada mulut dan bibir. Dan beberapa kasus menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit.

Orang dengan penyakit hati juga harus menghindarinya, karena dosis tinggi dari kayu manis dapat menyebabkan keracunan. Kayu manis juga sangat tidak disarankan untuk anak-anak dan juga ibu hamil serta menyusui.

Rekomendasi Konsumsi Harian Kayu Manis

Anak-anak, ibu hamil dan menyusui sebagai menghindari untuk mengkonsumsi kayu manis, karena potensinya yang dapat menjadi racun.

Disarankan dosis mengkonsumsi kayu manis per harinya adalah antara 1 – 6 gram.

 

Comments

comments