Manfaat Buah Bit Yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Buah Bit Yang Harus Kamu Tahu

Buah bit, merupakan jenis sayuran berwarna merah terang, yang banyak orang menganggapnya sebagai makanan super baru karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Kita bisa mengkonsumsinya segar, membuat acar, membuat jus, membuat sup dan bahkan dapat juga digunakan untuk membuat gula.

Manfaat buah bit mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi, sehingga dikelan luas karena berbagai manfaatnya, salah satunya yang paling penting adalah manfaatnya untuk mencegah penyakit kanker.

Nutrisi Apa Yang Terkandung di Dalam Buah Bit?

Buah bit menjadi sumber dari berbagai macam nutrisi, seperti serat, vitamin dan mineral serta juga rendah kalori. Setiap 100 gram buah bit mentah terkandung:

– 2,8 gram serat
– 1,6 gram protein
– 27% DV folat
– 14% DV mangan
– 10% DV besi
– 7% DV potassium.

Dan juga buat bit mengandung vitamin B-kompleks, vitamin C, flavonoid, anti-oksidan dan vitamin A.

Maanfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

1. Buah bit membantu melancarkan peredaran darah.
2. Buah bit meningkatkan stamina.
3. Buah bit meningkatkan fungsi hati.
4. Buah bit membantu mencegah penyakit kanker.
5. Buah bit bagus untuk otak.
6. Buah bit memiliki zat anti radang.
7. Buah bit membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Apakah Buah Bit Memiliki Efek Samping?

Buah bit secara umum aman dikonsumsi, namun untuk ibu yang sedang hamil dan menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsinya dengan jumlah yang ditentukan.

Beberapa orang yang mengkonsumsi buah bit mungkin urine-nya akan berubah menjadi merah muda atau merah. Dan karena buah bit dapat menurunkan kadar kalsium, hal ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal, jika dikonsumsi dalam kuantitas yang banyak.

Cara Mengkonsumsi Buah Bit

Saat membeli buah bit, lebih baik membeli yang organik. Pilih buah yang lebih mudah dan lebih kecil jika ingin menghindari mengupas kulitnya. Dan pastikan juga buah yang dibeli tidak ada memarnya. Kamu bisa menyimpannya didalam kulkas hingga 3 minggu dan keluarkan saat kamu ingin memakannya.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Buah bit dapat dikonsumsi dengan cara memakannya langsung, mengkombinasikannya dengan sayuran lain menjadi salad. Kamu juga bisa mengukus, merebus, memanggang buah bit, atau bisa juga menambahkannya pada dessert atau membuat jus.

 

Comments

comments