Cek Celah EternalBlue di Komputer Windows

Cek Celah EternalBlue di Komputer Windows
Dengan ransomware yang bernama WannaCry yang saat ini masih menjadi momok yang menakutkan saat ini, tidak ada salahnya jika kamu mengecek sistem operasi Windows yang digunakan.  WannaCry memanfaatkan exploit yang bernama EternalBlue, yang dipercaya dibuat oleh NSA (National Security Agency). WannaCry memang telah berhenti, tetapi kita tidak pernah tahu apakah masih ada malware lainnya yang lebih berbahaya yang memanfaatkan EternalBlue. Tool terbaru dari Eset yang bernama Eset EternalBlue Vulnerability Checker merupakan tool gratis yang dapat digunakan untuk mengecek komputer Windows apakah rentan terhadap exploit EternalBlue.
Malware dapat menyebar menggunakan celah pada penerapan Server Message Block (SMB) di sistem Windows. Eksploitasi ini dinamakan sebagai EternalBlue. Eksploitasi ini dipercaya dikembangkan oleh agensi di Amerika Serikat, National Security Agency (NSA).
Eksploit ini merupakan senjata hacking yang dikembangkan oleh NSA agar berhasil mendapatkan akses dan perintah ke komputer yang menjalankan sistem operasi Windows. Eksploitasi ini didesain oleh badan intelijen Amerika Serikat untuk mendapatkan akses ke komputer yang digunakan oleh teroris.

EternalBlue Vulnerability Checker

EternalBlue Vulnerability Checker dapat memeriksa komputer kamu apakah sudah di-patch supaya kebal dari eksplotasi ini. Jika komputer Windows kamu telah di-install update Windows terbaru, kamu tidak perlu khawatir.  Jika kamu sudah meng-install update terbaru, kamu akan melihat pesan:
Your computer is safe. Microsoft security update is already installed.
Dan jika komputer kamu tidak pernah di-update, tool ini akan menampilkan pesan seperti:
Your computer is vulnerable !!!
Kamu akan disarankan untuk menjalankan Windows Update dan meng-install update terbaru yang tersedia. Atau kamu bisa langsung mengunjungi Microsoft Update Catalog, dan download security update KB4012598.
Untuk men-download tool ini, kamu bisa langsung mendownloadnya dari situs Eset.com

Comments

comments