Cara Meningkatkan Performa Android

Cara Meningkatkan Performa Android

Cara Meningkatkan Performa Android
Cara Meningkatkan Performa Android

Android kalian terasa lambat padahal kalian jarang memakainya? Memang, perangkat Android pada umumnya memiliki kecenderungan menjadi lebih lambat seiring berjalannya waktu pemakaian. Bukan hanya fisik yang akan mengalami penurunan, penggunaan berkepanjangan juga dapat menurunkan performa Android secara signifikan. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kembali performa Android.

1. Non-aktifkan Aplikasi

Memang, salah satu keunggulan Android adalah Anda dapat menemukan jutaan aplikasi gratis sehingga tanpa Anda sadari, Anda mendownload berbagai macam aplikasi yang tidak perlu. Aplikasi-aplikasi tersebut akan memenuhi ruang penyimpanan telpon seluler Anda. Hal ini tentu akan mempersempit kapasitas RAM dan menguras daya baterai secara terus-menerus. Anda dapat menggunakan manajer aplikasi yang ada dalam pengaturan untuk me-non-aktifkan aplikasi-aplikasi sementara, agar performa Android dapat meningkat.

2. Rutin Menghapus Cache Data Secara Berkala

Pembengkakan cache data merupakan hal yang paling sering pengguna smartphone Android rasakan, karena penumpukan cache data yang ada pada aplikasi Android yang tidak pernah dihilangkan dapat memenuhi ruang penyimpanan internal, dan hasilnya adalah mengganggu performa Android kalian.

Jadi, hapuslah cache data secara berkala untuk mencegah pembengkakan pada memory internal. Memang kebanyakan pengguna smartphone Android tidak mengerti bagaimana menghilangkan cache data melalui setting. Akan tetapi, kalian bisa mengunakan aplikasi semacam memory cleaner untuk menghapus cache data dengan cara yang jauh lebih mudah.

3. Bersihkan Memori Internal

Seperti yang sudah dijelaskan pada point di atas, apabila ruang penyimpanan internal penuh, maka performa Android pun juga akan menurun. Maka dari itu, usahakan untuk tidak mengisi ruang penyimpanan internal dengan banyak file yang tidak diperlukan. Kalian bisa menggunakan memory eksternal atau USB On-to-Go yang bisa digunakan pada smartphone apabila memang kalian memang butuh ruang penyimpanan ekstra.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

4. Hindari Live Wallpaper

Meskipun menggunakan Live Wallpaper dapat mempercantik tampilan smartphone kalian, pada kenyataannya Live Wallpaper ini sangat memakan kinerja CPU dan RAM, pada ujungnya konsumsi baterai pun juga sangat besar. Hindari untuk pemakaian fitur Live Wallpaper sebagai wallpaper pada smartphone kalian, karena hal ini dapat meningkatkan performa smartphone Android kalian.

5. Update Software Terbaru

Selalu mengupdate software (perangkat lunak) terbaru pada smartphone Android kalian,  karena update tersebut sangat membantu dalam peningkatan performa Android kalian sendiri. Meski memperbarui software tidak selalu membawa fitur baru, kebanyakan dari pembaruan ini adalah memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja program aplikasi yang ada pada smartphone Android. Jadi, pastikan Android kalian selalu mendapatkan software yang terbaru.

Comments

comments