Bisa Berdiri Satu Kaki, Artinya Otak Sehat

Bisa Berdiri Satu Kaki, Artinya Otak Sehat

Bisa Berdiri Satu Kaki, Artinya Otak Sehat
Bisa Berdiri Satu Kaki, Artinya Otak Sehat

Otak kalian dapat dikatakan otak sehat dan berfungsi normal apabila kalian dapat berdiri dengan satu kaki selama lebih dari 20 detik. Jadi, cobalah sekarang kalian praktekan langsung dengan berdiri satu kaki selama lebih dari 20 detik dengan mata tertutup. Apabila kalian dapat berdiri satu kaki selama lebih dari 20 detik dengan mata tertutup, maka otak kalian masih bisa dikatakan otak sehat.

Menurut penelitian, kesulitan berdiri dengan salah satu satu kaki selama lebih dari 20 detik disebabkan oleh adanya gangguan pengiriman informasi ke otak. Hal itu juga ada hubungannya dengan peningkatan resiko stroke yang disebabkan oleh pendarahan kecil di otak yang tidak menimbulkan gejala apapun, akan tetapi dapat menimbulkan resiko stroke parah dan demensia.

Pada beberapa tahun yang lalu, Medical Research Council melakukan penelitian dengan melakukan tes terdahap orang-orang yang berumur 50 tahun. Tes tersebut membuktikan bahwa orang-orang yang dapat berdiri satu kaki dengan mata tertutup selama lebih dari 10 detik memiliki fisik yang lebih sehat. Sedangkan mereka yang hanya mampu berdiri satu kaki dengan mata tertutup selama dua 2-5 detik memiliki kondisi fisik yang tidak sehat, bahkan lebih buruknya resiko meninggal sebelum usia 60 tahun.

Tes kemampuan berdiri satu kaki dengan mata tertutup adalah metode paling mudah untuk mengetahui kesehatan otak. Tes tersebut dibuat oleh seorang profesor kedokteran genomik asal Kyoto University, Jepang. Bagaimana cara kerja tes tersebut bergantung pada tiga jenis informasi yang akan dikirim ke otak, yaitu:

Informasi Persendian dan Otot

Ketika kita melakukan pergerakan seperti mengangkat salah satu kaki kita, maka sensor khusus yang disebut proprioceptor akan mengirimkan informasi ke otak kita. Setelah itu otak kita akan mengolah informasi tersebut untuk mengirimkan informasi tersebut ke saraf otak yang mengendalikan keseimbangan tubuh kita.

Informasi Penglihatan

Apa yang ditangkap oleh mata di sekitar kita seperti di mana kita berada, informasi tersbut akan masuk ke otak melalui saraf penglihatan dan informasi tersebut akan dikirimkan lagi ke saraf keseimbangan tubuh untuk mengendalikan tubuh kita untuk tetap seimbang.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Informasi Pendengaran

Informasi yang ketiga ini terdapat pada semi-sirkular berisikan cairan yang bergerak ketika kepala bergerak. Semi-sirkular ini terdapat pada saluran kecil di dalam telinga. Dinding semi-sirkular akan mendeteksi gerakan cairan dan akan mengirimkan informasi gerakan tersebut ke otak melalui saraf vestibulocochlear atau saraf pendengaran dan keseimbangan.

Pada umumnya, keseimbangan tubuh akan memburuk ketika usia bertambah tua, sama seperti dengan memburuknya penglihatan dan pendengaran. Tanda-tanda keseimbangan kita semakin memburuk dapat kita rasakan ketika kesulitan berjalan di permukaan yang tidak rata seperti jalanan yang berbatu dan merasa berkunang-kunang pada saat bangun dari tidur di tengah malam.

Bisa Berdiri Satu Kaki, Artinya Otak Sehat

Keyword: otak sehat dari stroke, otak sehat kena stroke, merawat otak sehat, merawat stroke otak sehat

Comments

comments