Amazon Go, Belanja di Toko Tidak Perlu Bayar

Amazon Go, Belanja di Toko Tidak Perlu Bayar

Perusahaan teknologi raksasa Amazon, yang sekarang pendirinya menjadi orang terkaya di dunia, baru saja meluncurkan teknologi baru yang dipanggil dengan nama Amazon Go.

Amazon Go merupakan teknologi AI atau kecerdasan buatan khusus untuk toko ritel otomatis tanpa antrian dan kasir. Jadi dengan teknologi ini, toko ritel seperti supermarket dapat menggunakan AI untuk merampingkan proses belanja pengunjung. Teknologi ini akan berdampak besar bagi masa depan pekerjaan ritel.

Teknologi AI memang menjadi kontroversi karena mereka dianggap memiliki potensi untuk mengganti pekerja manusia menjadi pekerja mesin atau otomatis di beberapa sektor. Namun, setelah satu tahu uji coba beta, Amazon Go dapat menjadi contoh bahwa teknologi AI tidak akan mengganti semua pekerja manuasi.

Di toko ritel yang menggunakan teknologi ini, pengunjung atau pembeli tinggal menscan aplikasi Amazon Go mereka. Lalu mereka sudah bisa berbelanja, tinggal masukan semua produk yang diinginkan ke dalam keranjang. Setelah mendapatkan semua barang yang diinginkan, pengunjung tinggal pergi tanpa harus mengantri di kasir dan melakukan pembayaran.

Lalu bagaimana untuk pembayarannya? Amazon Go menggunakan teknologi yang dipanggil dengan nama Just Walk Out. Just Walk Out ini dibangun dengan computer vision, sensor fusion dan software deep learning, yang akan secara otomatis mendeteksi barang-barang yang diambil dan menghitung harga totalnya. Untuk tagihannya sendiri akan dibebankan ke akun Amazon mereka dan struk belanja akan dikirimkan lewat email. Sebelumnya pembeli tentunya harus memasukan detil kartu kredit ke akun Amazon mereka.

Toko yang menggunakan Amazon Go tetap memiliki pegawai, yang menyiapkan stok, yang menyiapkan makanan siap santap, hingga yang membantu pelanggan. Hanya bagian kasir saja yang ditiadakan.

 

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments