8 Cara Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

8 Cara Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Otak merupakan bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia, meski demikian kita belum tahu banyak tentangnya. Sebagai hasilnya kita secara tidak sadar membiarkan kemampuan dari otak kita menjadi menurun. Banyak penelitian telah diadakan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan otak, karena apa yang kita tahu mengenai otak masih sangat sedikit hanya permukaannya saja. Membuka potensi penuh dari otak kamu, maka kehidupan kamu tidak akan pernah sama lagi.

Berikut ini ada 8 cara efektif untuk meningkatkan kemampuan otak.

1. Stabilkan Kadar Gula Darah

Menurut Joseph C. Masdeu, MD, PhD, dari Houston Methodist Neurological Institute, dengan mempunyai kadar gula yang tinggi sepanjang waktu, dapat beresiko merusak pembuluh darah yang ada di otak. Yang pada akhirnya akan mempengaruhi bagian putih dari otak. Bagian otak ini memiliki fungsi salah satunya adalah untuk belajar. Jadi jangan biarkan kadar gula darah kamu naik.

2. Makan Makanan Dengan Cukup Asam Lemak Esensial

Dengan tidak cukup makan makanan dengan asam lemak esensial, dapat menjalankan resiko yang lebih tinggi terkena masalah neurologi seperti demensia (dikenal dengan pikun), depresi, dan bahkan terkena skizofrenia. Hal ini karena membran sel otak kita yang berasal dari asam lemak, begitu juga dengan 60% dari massa otak kita.

Makanan yang kaya dengan asam lemak esensial diantaranya: Ikan kod, salmon, sarden, tuna, minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak alpukat.

3. Kurangi Tingkat Stres

Jika kamu sedang stres tubuh akan melepas hormon yang disebut Cortisol, yang disekresikan oleh kelenjar adrenal. Dengan stres yang berkepanjangan, kamu bisa menyebabkan kerusakan otak lebih besar dari yang kamu banyangkan.

Menurut Joe Herbert M.B Ph.D, terlalu banyak produksi cortisol akan menghambat hippocampus menciptakan sel-sel saraf baru. Hal ini dapat memicu terjadinya penyakit Alzheimer.

4. Stimulasi Otak Kamu

Menurut Murali Doraiswamy yang menulis untuk Scientific American, permainan yang mengasah otak dapat membantu untuk menstimulasi otak dan membuatnya menjadi lebih elastis dari degenerasi atau pemerosotan.

Pada satu penelitian, 487 orang dewasa yang berumur 67 – 93 tahun diikutkan dalam program kesehatan otak. Grup yang mengikuti latihan otak memiliki hasil yang lebih baik dengan peningkatan kepercayaan diri, mampu mengingat daftar belanjaan dan mampu mendengar lebih bail pada tempat yang ramai.

5. Kurangi Inflamasi ke Otak

Ketika tubuh kita melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh, sistem imun tubuh akan mengaktifkan apa yang disebut dengan Gut Associated Lymphoid Tissues (GALT). Mediator inflamasi kemudian akan dirilis oleh GALT yang dapat membuat peradangan sistematis (suhu tubuh naik dan kita menjadi demam), menyebabkan perlindungan sekitar neuron memburuk.

Dalam jangka panjang, neoron kita akan melemah karena peradangan ini. Untuk mengurangi hal ini kita harus menjaga kesehatan dengan makan makanan yang menyehatkan seperti sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

6. Minum Teh Hijau

Minuman ini dapat membantu meningkatkan kemampuan otak. Teh hijau memiliki antioksidan yang telah terbukti mengurangi disfungsi kognitif dan meningkatkan daya ingat. Penelitian yang dilakukan oleh Justus Liebig dari University of Giessen di Jerman, menunjukan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan fokus dan juga perhatian.

7. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu kunci yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan otak. Penelitian dari Department of Exercises Sciences di University of Georgia menyimpulkan bahwa 20 menit olahraga dapat membantu meningkatkan kemampuan memproses dan fungsi daya ingat dari otak.

8. Cukup Tidur

Persepsi kebanyakan orang bahwa ketika kita tidur, otak kita juga ikut tidur. Tetapi faktanya, otak kita tetap aktif pada waktu-waktu tertentu selama kita tidur. Satu hal penting yang dilakukan oleh otak selama kita tidur secara fisik, adalah membersihkan racun keluar. Sistem glymphatic seperti sistem pembuangan limbah yang akan membersihkan racun dari otak kita.

Jika kita kurang tidur, dan tubuh tidak maksimal dalam mengeluarkan racun. Dan bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan terkena penyakit Alzheimer.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Buat-Website-150x100

Comments

comments