7 Makanan Sumber Anti Oksidan Untuk Kulit Yang Sehat

7 Makanan Sumber Anti Oksidan Untuk Kulit Yang Sehat

Anti Oksidan dapat mendorong pertumbuhan sel kulit baru agar terlihat awet muda, lebih bercahaya, dan perbaikan kerusakan akibat sinar matahari. Pada post kali ini saya akan membahas 7 makanan sumber anti oksidan yang bisa kamu konsumsi agar kulit kamu menjadi lebih sehat. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Berry

Keluarga buah berry termasuk blueberry, strawberry dan blackberry merupakan sumber yang kaya akan anti oksidan dan merupakan makanan yang sangat ideal untuk kulit yang awet muda dan bersinar. Penelitian menemukan bahwa ketiganya juga mengandung asam gallic, asam vanillic, ferulic, asam ellagic, quercetin, dan jenis flavonol dan flavonoid lainnya. Ada lagi acai berry yang popularitasnya meningkat, karena memiliki antosianing yang tinggi.

Asam Ellagic pada buah berry dapat mencegah kerusakan kolagen yang dapat menyebabkan kerutan. Selain itu buah ini juga kaya akan vitamin C. Dan memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan jantung, fungsi kognitif, manajemen diabetes, pengontrol beran badan dan pencegah kanker.

2. Pomegranate

Pomegranate di Indonesia dikenal sebagai buah delima. Buah ini mengandung punicalagin yang merupakan anti oksidan yang kuat. Anti oksidannya dapat melawan peradangan akibat jerawat. Polyphenol juga ditemukan dalam buah delima yang dapat melindungi sel dari stres oksidatif sambil merangsang produksi kolagen. Sama seperti buah berry, buah ini juga merupakan sumber vitamin C. Manfaat lain dari buah delima termasuk pencegahan kanker payudara dan prostat, menurunkan tekanan darah, dan meredakan nyeri sendi.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung EGCG (epigallocatechin-3-gallate) yang merupakan polifenol katekin dan anti oksidan kuat. Senyawa ini terkenal karena manfaatnya untuk menurunkan resiko serangan jantung dan stroke, glaukoma, dan kolesterol. Selain itu semakin banyak penelitian yang membuktikan bahwa teh hijau memiliki manfaat untuk peremajaan kulit. Teh hijau mampu mencerahkan kulit wajah dan mengurangi munculnya lingkaran hitam, keriput dan jerawat.

4. Coklat Hitam

Coklat hitam dapat menjadi makanan sumber anti oksidan, di dalamnya terkandung ant oksidan seperti polifenol, flovanol dan katekin. Studi menemukan bahwa rajin mengkonsumsi coklat hitam dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Selain itu coklat hitam juga dapat meningkatkan kesehatan otak, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan HDL atau tingkat kolesterol baik.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki efek anti inflamasi yang dapat melawan kondisi kulit seperti psoriasis, dan ini bisa membantu menghilangkan jerawat. Bukti menunjukan bahwa mengkonsumsi bawang putih dapat menetralisir radikal bebas dan menunjukan efek menguntungkan pada kapasitas proliferasi fibroblas untuk jangka panjang, yang berarti bawang putih dapat berperan sebagai agen anti penuaan. Mengkonsumsi bawang putih juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan membantuk detosifikasi tubuh.

6. Tomat

Tomat juga merupakan makanan sumber anti oksidan yang kaya, terutam mengandung lycopene yang memiliki fungsi yang hebat untuk mencegah atau meminimalkan munculnya keriput dan berpotensi untuk mengurangi resiko kanker kulit. Selain itu, tomat memiliki kandungan air yang sangat banyak dan kaya vitamin C. Tomat juga mengandung beta karotin, asam chlorogenic dan naringenin, semunya anti oksidan kuat.

7. Brokoli

Brokoli kaya akan beta karotin, kaempferol dan quarcetin, semuanya merupakan anti oksidan yang kuat. Sayuran makanan sumber anti oksidan ini juga mengandung anti oksidan yang bernawa glucoraphanin yang dapat melindungi kulit dari konsekuensi yang berhubungan dengan radiasi sinal UV. Sayuran ini juga memiliki level kolesterol yang rendah, baik untuk kesehatan mata, memiliki efek anti inflamasi dan menjaga kesehatan tulang.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments