5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan

5 Tips Untuk Menjaga Kesehatan

Tentunya kita ingin menjaga kesehatan hidup lebih lama, tetap sehat dan mampu merawat diri kita sendiri dan orang-orang yang kita sayangi. Kita tidak bisa mengubah beberapa faktor resiko yang sudah ada, tetapi kita semua mempunyai pilihan untuk menjaga kesehatan kita dan mengurangi resiko pengembangkan penyakit kronis seperti penyakit jantugm kanker dan juga diabetes.

Berikut ini adalah lima cara untuk menjaga kesehatan

1. Berhenti merokok

Konsumsi tembakau dan terpapar asap rokok merupakan penyebab dari banyak kasus kematian dini dari penyakit jantung dan paru-paru dan kanker.

Jika kamu perokok kamu harus berhenti untuk menyelamatkan orang-orang yang kamu cintai dan juga diri kamu sendiri. Tidak pernah ada kata terlambat, kamu harus berhenti sekarang juga. Ketika kamu berhenti merokok, kamu dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Jika kamu tidak merokok, jangan pernah untuk mencobanya. Dan sebisa mungkin untuk menjauh dari orang-orang yang sedang merokok. Jangan pernah biarkan anak kita dekat-dekat dengan orang yang sedang merokok.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

2. Makan Makanan Sehat

Diet dengan makanan sehat dapat membantu kamu menjaga bentuk tubuh, dan juga tubuh kamu akan selalu fit. Diet yang baik juga dapat melindungi terhadap berbagai penyakit, stroke, kanker dan masalah penyakit serius lainnya.

Beberapa tips dari Canada Foof Guide:
– Makan porsi kecil daging tanpa lemak, ikan atau dada ayam dan hilangka lemak yang terlihat.
– Pilih makanan whole grain, seperti: roti gandum, beras merah atau sereal.
– Setiap hari makan sayuran hijau atau kuning, dan juga buah.
– Untuk susu, pilih susu, yogurt dan keju low-fat (1 – 2 %).
– Kurangi menggunakan minyak seperti memasak dengan butter, minyak dan margarin. Masak makanan sebisa mungkin gunakan minyak yang sedikit.
– Batasi penggunaan garam.
– Jauhi minum alkohol.
– Batasi minum yang mengandung kafein, termasuk kopi, teh dan kola.

3. Olahraga

Ingin menjaga kesehatan atau menjaga bentuk tubuh atau ingin mempunyai banyak energi atau ingin mengurangi stres? Semuanya dapat dilakukan dengan berolahraga. Berolahrag dapat membantu jantung, paru-paru dan pembuluh darah sambil mengurangi kolesterol dan tekanan darah.

Tidak usah pergi ke gym untuk berolahraga, perbanyak saja berjalan atau berlari mengelilingi komplek. Bisa juga dengan melakukan beberapa kali squat. Setidaknya kamu harus menargetkan untuk berolahrag 30 menit setiap harinya.

4. Ketahui Tekanan Darah

Kamu dalam kondisi fit? Sayangnya, mungkin kamu sedang mengalami tekanan darah tinggi tanpa kamu tahu apa sebabnya karena memang tidak ada gejalanya. Pria dan wanita pada semua umur dapat terkena darah tinggi. Orang yang stres mungkin memiliki tekanan darah yang normal, malah justru orang yang kalem yang memiliki tekanan darah tinggi. Untuk memastikannya kamu harus mengecek tekanan darah kamu.

Hypertenti menjadi penyebab masalah kesehatan yang serius dan dapat menyebabkan penyakit jantung dan juga serangan jantung. Jika tekanan darah kamu tinggi, ikuti saran dari dokter.

5. Relax dan Nikmati Hidup

Terkadang kita terlalu keras terhadap diri kita sendiri. Belajar untuk relax dan bersenang-senang, meluangkan waktu untuk melakukan aktifitas yang menyenangkan, menikmati kebersamaan dengan teman kantor atau keluarga. Atur waktu kamu secara efisien dan belajar untuk memaksimalkannya dengan olahraga sederhana, meditasi dan latihan pernapasan untuk membantu kamu menenangkan pikiran.

 

Buat-Website-150x100

Comments

comments