3 Aplikasi Pencatat untuk Si Pelupa

3 Aplikasi Pencatat untuk Si Pelupa

3 Aplikasi Pencatat untuk Si Pelupa
3 Aplikasi Pencatat untuk Si Pelupa

Kalian banyak kegiatan tetapi suka lupa kapan kegiatan tersebut berlangsung? Atau kalian punya berbagai ide yang seringkali timbul mendadak, tetapi terlewatkan begitu saja akibat lupa mencatat ide itu? Jangan khawatir, smartphone saat ini dapat membantu kalian. Tak pelu lagi repot-repot membawa buku catatan kemana-mana, kalian tinggal memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini.

Terdapat berbagai aplikasi pencatat bagi kalian si pelupa. Kalian bisa mengunduhnya dan memakainya lewat Play Store atau App Store. Jika kalian bingung memilih mana aplikasi pencatat yang paling bagus, kami punya rekomendasinya. Berikut adalah tiga aplikasi pencatat terbaik:

1. Evernote

Evernote
Evernote

Aplikasi pencatat terbaik yang pertama adalah Evernote. Evernote mengusung tampilan yang membuat penggunanya terfokus pada catatannya. Evernote hanya memunculkan judul serta ringkasan catatan pada halaman depan ketika awal membuka aplikasi. Pada bagian teratas aplikasi, Evernote memunculkan tombol menu, search, serta menu tambahan pada sisi kanan atas.

Di sisi bawah kanan, ada tombol bertanda + yang bisa kalian tap ketika ingin membuat sebuah catatan. Kalian bisa sekedar membuat catatan biasa, melampirkan file, gambar, membuat reminder, atau bahkan membuat handwriting pada catatan barumu.

Kalian pun juga bisa mengelompokkan catatan kalian pada fitur notebook ataupun tags. Selain itu, Evernote memungkinkan kalian untuk membagi catatan kalian dengan pengguna lain. Kalian bisa menyunting dan membuat sebuah catatan bersama dengan pengguna lainnya dalam satu notebook. Adanya fitur work chat juga akan semakin memudahkanmu berkomunikasi ketika harus menyunting catatan yang sama. Namun, membuat catatan pada Evernote dalam keadaan terdesak tidak semudah membuat note pada aplikasi pencatat lain. Selain itu, sinkronisasinya terkadang lambat, terutama jika koneksi internet kalian buruk.

2. Simplenote

Simplenote
Simplenote

Seperti namanya, Simplenote berusaha menghadirkan aplikasi catatan sesederhana mungkin, sehingga kalian tidak akan teralih oleh berbagai macam hal yang tidak perlu. Simplenote memberikan tampilan yang hampir sama seperti Evernote.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Menariknya, Simplenote menyediakan opsi tampilan condensed note list. Opsi tampilan tersebut akan membuat halaman depan aplikasi semakin sederhana; dengan cara hanya menampilkan judul catatanmu saja. Simplenote juga menyediakan tema gelap untuk para pengguna yang tidak terlalu suka dengan tema warna putih.

Pada aplikasi pencatat yang satu ini, kalian bisa mengelompokkan catatan berdasarkan topik, isi, tag, atau variabel lainnya. Kelebihannya, Simplenote memiliki fitur pin-lock untuk mengamankan semua catatanmu dari tangan-tangan jahil. Seperti aplikasi pencatat lainnya, Simplenote menggunakan sistem sinkronisasi akun. Jadi semua catatanmu tersimpan pada sebuah akun dan dapat dibuka pada gadget manapun.

3. Google Keep

Google Keep
Google Keep

Google Keep merupakan aplikasi pencatat terbaik lainnya. Tampilannya yang sederhana namun kreatif, merupakan ciri khas aplikasi besutan Google yang satu ini. Hal tersebut dapat terlihat dari halaman depan aplikasi Google Keep. Google Keep tampil ciamik dengan tombol menu pada sisi kiri atas, tombol search dan tombol pilihan gaya tampilan pada sisi kanan, serta daftar catatanmu yang tampil ala post-it notes.

Pada Google Keep, kalian bisa membuat catatan standar, catatan bergaya to-do list, serta melampirkan voice note dan foto. Kalian juga bisa menambahkan reminder pada catatan-catatan milikmu. Untuk mengelompokkan catatan, ada fitur label serta warna catatan. Fitur label akan mengategorikan catatan berdasarkan label yang kalian isikan pada catatanmu. Kalian bisa membagikan catatanmu pada sesama pengguna akun Google, serta menduplikat catatan ke dalam Google Doc. Demikianlah review tiga aplikasi pencatat terbaik yang bisa kalian gunakan. Semoga bermanfaat.

3 Aplikasi Pencatat untuk Si Pelupa

Comments

comments