10 Manfaat Teh Hitam Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

10 Manfaat Teh Hitam Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Pernahkan kamu mendapatkan kritik dari orang mengenai pilihan kamu minum minuman berkafein seperti kopi dan teh? Memang jika dikonsumsi berlebihan dapat memberikan konsekuensi negatif, namun secangkir teh hitam tidak seburuk yang kamu dan orang lain bayangkan. Dan mungkin malah dapat memberikan manfaat bagi tubuh kamu.

Kali ini saya akan menyebutkan sekitar 10 manfaat teh hitam yang mungkin kamu belum tahu.

1. Kesehatan Mulut

Menurut penelitian dari Tea Trade Health Research Association, salah satu manfaat teh hitam adalah dapat mengurangi karang gigi dan juga membatasi pertumbuhan bakteri yang dapat mendorong pembentukan lubang gigi. Hal ini karena teh hitam mengandung polifenol.

2. Jantung Yang Lebih Sehat

Menurut penelitian oleh Arab L. et al. di tahun 2009, menyebutkan bahwa konsumsi teh hijau dan hitam dapat mengurangi resiko stroke. Individu yang mengkonsumsi 3 cangkir teh memiliki 21% resiko yang lebih rendah terkena stroke, dibandingkan individu yang mengkonsumsi 1 cangkir teh per hari.

3. Antioksidan

Teh hitam mengandung polifenol, yang juga merupakan antioksidan dapat membantu menghalangi kerusakan DNA akibat rokok dan bahan racun lainnya. Antioksidan ini berbeda dengan yang kita temukan pada buah-buahan dan sayuran.

4. Mencegah Kanker

Manfaat teh hitam dapat mencegah kanker. Hal ini berdasarkan beberapa penelitian yang menyebutkan antioksidan seperti polifenol dan katekin di dalam teha dapat membantu untuk mencegah beberapa tipe kanker. Wanita yang secara reguler minum teh hitam memiliki resiko terkena kanker rahim yang lebih kecil, dibandingkan mereka yang jarang meminumnya.

5. Tulang Sehat

Manfaat teh hitam juga dapat membuat tulang lebih kuat dan terhindar dari penyakit radang sendi, hal ini karena zat yang disebut fitokimia.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

6. Resiko Lebih Rendah Terkena Diabetes

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap orang tua di kepulauan Mediterania, ditemukan bahwa mereka yang meminum teh hitam dalam jangka waktu yang lama dengan tingkat konsumsi sedang (1-2 cangkir) memiliki 70% lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

7. Mengurangi Stress

Sudah terkenal bahwa teh dapat menenangkan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Asam amino L-theanine yang ditemukan dalam teh hitam dapat membuat kamu lebih rileks dan membuat konsentrasi lebih baik. Teh hitam juga dapat mengurangi tingkat stress ketika kita meminumnya secara reguler dengan jumlah yang sedang.

8. Sistem Imun Yang Lebih Baik

Teh hitam mengandung antigen alkilamin yang dapat membantu meningkatkan respon kekebalan tubuh kita. Selain itu juga mengandung tanin yang memiliki kemampuan untuk melawan virus dan membuat kita terjaga dari influenza, flu perut dan virus lainnya.

9. Sistem Pencernaan Yang Lebih Sehat

Sebagai tambahan dari meningkatkan sistem imun, tanin juga memiliki efek terapeutik pada penyakit lambung dan usus, dan juga menurunkan aktivitas pencernaan.

10. Menambah Energi

Tidak seperti minuman lain yang memiliki kadar kafein yang tinggi, jumlah kafein yang lebih rendah pada teh malah dapat meningkatkan peredaran darah ke otak tanpa stimulasi yang berlebihan ke jantung. Dan juga dapat menstimulasi metabolisme.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments