WhatsApp Akan Berbagi Nomor Telepon Dengan Facebook

WhatsApp Akan Berbagai Nomor Telepon Dengan Facebook

WhatsApp Inc. baru saja memperbaharui kebijakan terms and privacy untuk pertama kalinya selama empat tahun terakhir. Poin penting yang diperbaharui adalah kini WhatsApp akan berbagi nomor telepon dengan Facebook, meskipun pengguna menggunakan nomor yang berbeda untuk keduanya.

Hal ini diklaim dalam upaya untuk melawan spam dan agar iklan pada Facebook lebih tepat sasaran. Jika kedua layanan dipasang pada perangkat yang sama, Facebook akan mengambil nomor telepon yang memiliki asosiasi dengan WhatsApp melalui device identifier.

Sebagai contoh, jika seseorang menggunakan Facebook untuk tujuan jahat seperti menyebar kebencian, SARA, dan sebagainya atau mengirim link berisi malware, maka akan mudah untuk diketahui jika nomor yang didaftarkan untuk Facebook terdaftar juga menggunakan aplikasi WhatsApp. Maka akun beserta dengan layanannya akan langsung di-disable.

Update baru ini juga diklaim memiliki efek yang positif untuk iklan, dimana platform iklan Facebook Custom Audience untuk bisnis, akan menayangkan iklan yang lebih relevan dan tepat sasaran dengan menarik data nomor telepon yang terdaftar pada kedua layanan milik Facebook ini.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Sebagai contoh, jika sebelumnya kamu pernah sign-up mailing list satu toko bunga menggunakan nomor hp yang sama seperti yang kamu gunakan pada akun WhatsApp. Maka ketika toko bunga tersebut memutuskan untuk beriklan di Facebook, kamu akan melihat iklannya di beranda Facebook kamu.

WhatsApp mengatakan tidak akan membagi nomor telepon pengguna kepada pengguna lain termasuk mempostingnya ke Facebook, dan tidak akan menjual atau memberikan nomor telepon pengguna kepada pengiklan. Perubahan kebijakan ini juga akan memunculkan kontak yang ada di aplikasi WhatsApp sebagai friend suggestions di Facebook.

Meski kontak yang kamu miliki akan diketahui oleh Facebook. Semua pesan kamu dipastikan tetap aman, karena telah menerapkan end-to-end encryption. Pesan kamu akan terenkripsi dan tetap privat, dimana tidak ada orang lain yang bisa membacanya termasuk sang pembuatnya sendiri.

Pengguna akan mulai mendapat update dengan perubahan kebijkan ini pada Kamis malam waktu Amerika Serikat, dan perubahan ini akan berlaku global dalam beberapa hari mendatang.

 

Buat-Website-150x100

Comments

comments