Uber Siapkan Pesawat VTOL, Moda Transportasi Udara Dalam Kota

Uber Siapkan Pesawat VTOL, Moda Transportasi Udara Dalam Kota

Dalam interview oleh Recode.net pada acara Nantucket Conference belum lama ini, Uber Products Head, Jeff Holden mengatakan bahwa perusahaan ride-sharing ini sangat serius untuk mengembangkan cara baru transportasi yang akan ditawarkan kepada pelanggannya: Penerbangan jarak pendek di dalam kota.

Teknologi transportasi baru yang dimaksud oleh Uber adalah VTOL (Vertically take off and land) atau terbang dan mendarat secara vertikal. VTOL merupakan pesawat berukuran kecil, yang dapat mendarat dan terbang secara vertikal, seperti helikopter. Tetapi tidak seperti helikopter konvensional, pesawat VTOL memiliki banyak rotor, dan kemungkinan bisa ditenagai dengan baterai serta lebih sunyi. Dan pesawat ini akan bergerak secara autonomous atau tanpa pilot.

Holden mengatakan bahwa ide di balik proyek ini adalah untuk memungkinkan Uber menawarkan sebanyak mungkin pilihan moda transportasi untuk pelanggannya. Dia percaya bahwa pesawat VTOL untuk penggunaan komersial akan menjadi kenyataan dalam satu dekade kedepan.

Holden menambahkan bahwa pesawat VTOL memiliki potensi untuk solusi menghindari kemacetan yang terjadi di darat. Pesawat ini tidak butuh landasan pacu yang panjang seperti pesawat komersial saat ini. Namun, pesawat ini tetap membutuhkan landasan yang membutuhkan luas lahan tertentu, dan bisa menjadi sulit untuk menemukannya di kota-kota padat.

Bukan Uber saja yang mempunyai proyek pesawat VTOL, ada perusahaan lain seperti Airbus Silicon Valley, A3, yang saat ini tengah melakukan penelitian untuk mengembangkan pesawat yang dapat difungsikan sebagai taksi udara untuk penumpang atau kargo. Selain itu Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) juga sedang mengembangkan pesawat VTOL, yang dipanggil dengan nama VTOL X-Plane.

Sebelumnya pada bulan Februari 2016, CEO Tesla, Elon Musk mengatakan bahwa dia sudah memiliki ide mengenai desain pesawat berukuran kecil yang ditenagai dengan bahan bakar listrik untuk moda transportasi baru. Tesla merupakan perusahaan yang sukses menghadirkan mobil dengan bahan bakar listrik.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Dalam beberapa dekade ke depan mungkin kita akan melihat banyak mobil berterbangan di sekitar kita. Seperti di film-film fiksi mengenai masa depan.

 

Buat-Website-150x100

Comments

comments