Tips Mengurangi Efek Buruk Blue Light Pada Smartphone

Tips Mengurangi Efek Buruk Blue Light Pada Smartphone

Pada era teknologi ini tidak bisa dipungkiri banyak orang yang menjadi ketergantungan pada perangkat smartphone. Memang perangkat smartphone ini menawarkan berbagai kemudahan seperti selalu terhubung dengan teman yang jauh disana, mendapatkan informasi yang up-to-date, dan manfaat lainnya. Namun tahukah kamu bahwa dibalik itu semua, smartphone juga membawa efek buruk? Salah satunya adalah efek dari sinar biru atau blue light.

Blue light merupakan spektrum cahaya yang dapat dilihat oleh mata manusia dan memiliki energi yang sangat tinggi atau dikenal dengan istilah HEV Light (high-energy visible light). Beberapa penelitian mengungkap bahwa blue light memiliki efek buruk pada mata seperti pandangan menjadi blur, mata lelah, mata menjadi kering dan iritasi, menyebabkan pusing dan sakit leher, dan jangka panjang dapat menyebabkan kanker tertentu. Selain itu Blue Light dikatakan juga dapat menggangggu pola tidur, meningkatkan resiko depresi dan meningkatkan penyakit diabetes, serangan jantung dan kegemukan.

Sumber dari sinar biru itu termasuk matahari, layar digital (TV, monitor, smartphone, tablet, dan lainnya), perangkat elektronik, serta lampu LED dan fluorescent. Maka dari itu sangat tidak disarankan untuk terlalu lama menatap layar perangkat digital termasuk smartphone, terutama pada malam hari atau kondisi yang kurang cahaya.

Meski demikian, Blue Light juga memiliki banyak efek positif diantaranya meningkatkan mood, meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif, mengatur pola tidur menjadi lebih baik. Namun yang menimbulkan masalah adalah terlalu banyak sinar biru pada malam hari atau di tempat yang gelap tidak baik untuk kesehatan.

Jika terpaksa untuk menggunakan smartphone dalam waktu yang lama pada malam hari, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli anti gores yang memiliki fitur anti blue-light, dimana produk ini sudah banyak tersedia di pasaran.

Atau jika kamu pengguna perangkat smartphone atau tablet Android, kamu bisa mendownload aplikasi dengan fitur anti blue-light. Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang menawarkan fitur ini, salah satunya adalah Bluelight Filter for Eye Care buatan Hardy-infinity. Aplikasi ini dapat mengatur layar untuk mengurangi sinar biru dan membantu mata menjadi lebih relax. Dan juga dapat mengatur waktu, kapan filter blue light diaktifkan dan dinon-aktifkan.

Sementara bagi kamu yang kerja lembur dan harus berlama-lama menatap monitor komputer pada saat malam hari, bisa memasang aplikasi yang bernama F.lux. Aplikasi ini bisa secara otomatis mengubah layar menjadi lebih hangat (mengurangi sinar biru) pada malam hari.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Beberapa tips lain yang dapat diterapkan untuk melindungi mata kamu dari sinar biru adalah dengan membatasi penggunaan perangkat digital, jangan menggunakannya terlalu lama. Gunakan istirahat 20 – 20 – 20, setiap 20 menit sekali istirahat selama 20 detik dengan memandang objek sejauh 20 kaki. Dan juga usahakan banyak berkedip, karena menatap layar terlalu lama mengurangi mata kita berkedip yang menyebabkannya menjadi kering.

Buat-Website-150x100

Comments

comments