Tips Saat Menggunakan Internet dan Media Sosial

5 Tips Saat Menggunakan Internet dan Media Sosial

Tips Saat Menggunakan Internet dan Media Sosial
Tips Saat Menggunakan Internet dan Media Sosial

Pada zaman yang sudah serba canggih pada saat ini membuat internet menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi seluruh jajaran masyarakat. Dengan akses internet, mereka dapat mengakses apapun untuk menunjang aktivitas keseharian mereka mulai dari bekerja, belajar, membaca, ataupun hanya sebatas untuk bersenang-senang.

Sayangnya, banyak sekali orang-orang tidak memperhatikan soal keamanan pada saat mereka mengakses internet dan media sosial. Pada kenyataannya banyak sekali kejahatan-kejahatan di dunia maya yang akan mengancam mereka hanya dengan kalian mengakses internet dan media sosial. Berikut sedikit ulasan-ulasan penting bagi kalian yang sering mengakses internet dan media sosial:

1. Penggunaan password yang sama untuk seluruh akun

Menghafal terlalu banyak password adalah hal yang paling banyak orang hindari, sehingga mereka lebih memilih untuk membuat akun mereka dengan password yang sama dengan akun yang lain, bahkan semua akun yang mereka miliki.

Sebenarnya hal ini merupakan hal yang paling bahaya apabila seseorang yang tidak bertanggung jawab mengetahui salah satu password akun kalian, setelah itu mereka akan dapat leluasa untuk mencoba membuka akun kalian yang lain dengan password yang sama.

Solusi terbaik bagi kalian yang malas untuk menghafal banyak password yang berbeda-beda adalah menggunakan password manager yang tersedia di website ataupun gadget untuk membantu kalian menyimpan password-password akun yang berbeda-beda.

2. Penyimpanan password di browser atau aplikasi secara otomatis

Pada saat kalian mengunjungi sebuah website dan kalian diharuskan untuk menginput username dan password pertama kali dengan smartphone ataupun desktop, pastinya kalian akan ditawari untuk menyimpan dan mengingat username dan password pada browser.

Fiturnya memang bertujuan untuk memudahkan kalian untuk mengunjungi kembali website tersebut, akan tetapi fitur membuat username dan password kalian dapat ditampilkan kembali melalui History sebuah browser. Jadi, kemungkinan orang-orang yang pernah menggunakan perangkat kalian akan mengetahui username dan password kalian pada website yang pernah kalian kunjungi.

Solusi terbaik untuk masalah ini adalah untuk tidak menyimpan username dan password pada browser kalian. Apabila diminta oleh browser, maka langsung saja tolak permintaan tersebut. Dan cobalah untuk sering menghapus History, Cookies dan Cache pada browser.

3. Wi-Fi gratis atau pengaksesan internet dengan jaringan internet di tempat umum

Jangan sekali-sekali kalian sembarangan menggunakan jaringan Wi-Fi di tempat umum dengan nama jaringan yang tidak jelas dan tidak terdapat pengamanan password, terlebih bila kalian ingin melakukan sebuah transaksi dengan kartu kredit ataupun transfer antar bank secara mobile.

Pastikan kalian mengakses jaringan internet Wi-Fi di tempat umum dengan jaringan Wi-Fi yang aman, seperti nama jaringan Wi-Fi yang jelas (contoh pada sebuah cafe yang menyediakan layanan Wi-Fi gratis dengan nama jaringan Wi-Fi yang sesuai dengan nama cafe tersebut), Wi-Fi yang terproteksi dengan password, Apabila Wi-Fi tersebut membutuhkan login ke sebuah website, pastikan website tersebut aman dengan memperhatikan url yang dituju menggunakan url “https” dan terdapat logo gembok yang terkunci.

4. Anti Virus, Firewall dan Internet Security

Mengunjungi website yang tidak memiliki pengamanan merupakan hal yang cukup beresiko, karena kemungkinan website yang sedang dikunjungi tersebut terdapat virus atau malware yang membahayakan sistem pada device kalian.

Apabila kalian sering melakukan mengakses internet dan media sosial, cobalah untuk menggunakan anti virus internet security. Internet security dari anti virus dapat mendeteksi adanya virus dan malware pada sebuah website sebelum kalian mengunjungi.

Selain anti virus, cobalah untuk mengaktifkan firewall pada device kalian. Beberapa sistem operasi sudah dilengkapi dengan firewall yang memang berguna untuk memonitor keluar masuknya sebuah koneksi internet kalian.

5. Backup data secara berkala

Apa yang terjadi apabila data-data berisikan file, dokumen penting, foto kenangan dan lagu koleksi kalian mendadak hilang dan tidak dapat dikembalikan? Pastinya kalian akan sangat frustasi bukan?

Memang banyak sekali orang-orang mengabaikan backup data secara berkala, sehingga kehilangan data-data penting mereka. Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan backup data secara rutin untuk menjaga data-data kalian. Sekarang ini banyak sekali media penyimpanan berbasis cloud (penyimpanan berbasis jaringan internet) seperti Google Drive, Dropbox dan Box yang dapat kalian gunakan secara gratis.

Kejahatan-kejahatan yang terjadi di dunia maya sudah sering sekali terjadi, jangan sampai kalian menjadi salah satu korbannya. Jadi, cobalah untuk melakukan tips diatas tersebut supaya kalian aman dari serangan hacker pada saat mengakses internet.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Keyword: internet dan media sosial, keamanan internet dan media sosial, kegunaan internet dan media sosial

Comments

comments