Tips Mencegah Pencurian Akun Media Sosial

Tips Mencegah Pencurian Akun Media Sosial

Untuk mencegah pencurian akun media sosial, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu ikuti. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah pencurian akun media sosial:

1. Password Yang Kuat

Pastikan setiap akun media sosial kamu menggunakan password minimal 8 karakter, dan menggunakan kombinasi karakter yang sulit ditebak. Pastikan juga setiap akun media sosial menggunakan password yang berbeda.

Untuk membuat password yang kuat atau menyimpan semua password yang kamu miliki bisa menggunakan aplikasi seperti LastPass dan sebagainya.

2. Menggunakan Multi-Factor Authentication

Sekarang banyak website media sosial yang menyediakan fitur multi-factor authentication untuk login. Jadi setelah memasukan password yang benar, kamu juga harus memasukan kode unik yang dikirimkan lewat SMS, email atau menggunakan aplikasi authenticator. Jadi meski si pembobol sudah tahu password kamu, dia tetap tidak bisa masuk jika tidak memasukan kode yang benar.

3. Atur Profil Media Sosial

Yang paling penting adalah kamu menyembunyikan alamat email kamu agar tidak dipublikasi. Karena kita biasanya login menggunakan alamat email.

4. Jangan Terima Request Dari Profil Yang Tidak Dikenal

Jika ingin menghindari spam, penipuan dan sebagainya, hindari untuk menerima permintaan pertemanan dari orang yang tidak kita kenal.

5. Hindari Mengklik Link Dengan URL Yang Mencurigakan

Sebelum mengklik link, perhatikan baik-baik URL yang dibagikan, apakah dari sumber yang sudah kita kenal atau belum. Link dari sumber yang tidak kenal bisa mengarahkan kita pada berita hoax dan yang paling berbahaya terinfeksi malware dan mendapatkan informasi login akun kamu.

6. Jangan Pernah Memberitahu Password Kepada Orang Lain

Sebaiknya memberikan password kepada pasangan harus kita hindari, apalagi kepada orang lain sangat tidak disarankan. Kita tidak tahu hubungannya akan berubah menjadi seperti apa.

7. Pikir Lagi Apa Yang Di-Share

Jangan pernah membuat status yang dapat menimbulkan kebencian apalagi SARA. Sebelum men-share berita pastikan juga berita tersebut bukan merupakan hoax. Dan ketika update status jangan pernah aktifkan fitur lokasi.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments