Serangan Ransomware BadRabbit Ancam Eropa

Serangan Ransomware BadRabbit Ancam Eropa

Serangan ransomware baru yang bernama BadRabbit mengancam Eropa. Menurut beberapa perusahaan keamanan siber, ransomware yang sedang tumbuh ini menyerang dua negara di Eropat Timur, Rusia dan Ukraina. Serangan ransomware BadRabbit ini menyerang outlet berita di Rusia Interfax dan Fontanka, dan beberapa organisasi besar di Ukraina, termasuk sistem transportasi publik di kota Kiev dan bandar udara Odessa.

Menurut laporan terbaru dari Kaspersky, selain di Rusia dan Ukraina, serangan ransomware BadRabbit juga dilaporkan telah masuk di Turki dan Jerman, dimana total hampir ada 200 korban.

Kaspersky mengatakan serangan ini sama sekali tidak memanfaatkan exploit. Serangan ini dilakukan dengan cara menipu korban agar mau men-download file installer Adobe Flash Player, install_flash_player.exe. Ketika korban menjalankan file installer ini, file ini akan meminta hak akses admin, dan jika si korban memilih yes yang berarti mengijinkan, maka proses infeksi segera berjalan.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Setelah mendapatkan ijin, file ini akan memanggil file malware enkripsi yang bernama infpub.dat. File infpub.dat ini juga akan menginstall file berbahaya lainnya yang bernama dispci.exe. File ini akan membuat task baru di registry untuk menjalankan task dengan nama seperti nama-nama naga yang ada di serial Game of Thrones: Viserion, Drogon dan Rhaegal. File dispci.exe ini akan bertindak sebagai modul enkripsi yang juga akan menginstal bootloader yang sudah dimodifikasi dan mencegah untuk boot-up secara norma pada komputer yang terinfeksi.

Komputer korban yang terinfeksi akan dienkripsi sehingga si korban tidak dapat mengakses komputernya. Untuk dapat kembali mengakses komputernya, si korba harus membayar tebusan menggunakan Bitcoins senilai 0.05BTC atau jika dirupiahkan sekitar Rp3,7 jutaan. Jika timer menunjukan telah lewat dari 1 jam harga tebusan akan naik.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments