Popularitas Pokemon Go Semakin Memudar?

Popularitas Pokemon Go Semakin Memudar

Demam Pokemon Go yang sempat melanda seluruh dunia, kini tampaknya sudah semakin memudar. Menurut laporan dari beberapa perusahaan analis, popularitas game buatan Niantic ini mulai menurun.

Padahal sebelumnya sejak peluncuran perdananya Pokemon Go berhasil memecahkan berbagai rekor. Puncaknya hanya kurang dari satu bulan sejak peluncurannya, game berbasis augmented realty ini berhasil menjadi game mobile yang paling banyak di download sepanjang sejarah.

Game ini berhasil mencatatkan rekor download sebanyak 50 Juta kali hanya dalam waktu 19 hari sejak peluncuran pertamanya. Dan tidak lama berselang game ini berhasi mencatatkan rekor baru, total download lebih dari 75 Juta kali di Google Play Store dan Apple App Store. Sementara dari segi pendapatan, game ini berhasil memecahkan rekor pendapatan sebesar US$ 200 Juta atau sekitar Rp2,6 Triliun.

Dari sisi pengguna aktif diestimasikan game ini mencapai 45 juta pengguna aktif per harinya. Yang membuat Facebook, Instagram, Snapchat, Twitter ketar-ketir karena banyak penggunanya yang melupakan sementara untuk mencari Pokemon.

Sayang popularitas Pokemon Go tidak bertahan lama, menurut laporan dari Apptopia dari hari ke hari hingga tanggal 16 Agustus 2016 kemarin, pengguna aktif game ini semakin menurun. Sekarang hanya ada sekitar 30 juta pengguna di seluruh dunia yang aktif memainkannya per hari.

Popularitas Pokemon Go Semakin Memudar

Tren penurunan ini patut diwaspadai, karena jika tren ini bertahan lama, maka tidak hanya popularitas Pokemon Go yang terancam, tetapi juga akan berdampak pada game berbasis augmented reality lainnya pada umumnya.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Data dari Google Trend menunjukan bahwa tren pencarian Virtual Reality di seluruh dunia masih sangat tinggi dibandingkan dengan pencarian mengenai Augmented Realty. Tren pencarian Augmented Realty meledak hanya pada saat Pokemon Go dirilis, dan semakin kesini trennya juga semakin menurun. Bisa disimpulkan bahwa kebanyakan orang lebih tertarik dengan teknologi Virtual Realty dibandingkan dengan Augmented Realty.

Popularitas Pokemon Go Semakin Memudar

Meski tren Augmented Realty turun dan total penggunannya semakin berkurang, untuk saat ini Niantic, selaku pengembang game ini belum merasa khawatir. Game buatannya ini masih sangat popular di beberapa negara dan angka pengguna aktif hingga puluhan juta juga masih sangat hebat, terutama untuk produk baru. Game ini resmi dirilis pada tanggal 6 Juli 2016.

Comments

comments