Perbedaan Jaringan LAN, WLAN, WAN, VPN?

Perbedaan Jaringan LAN, WLAN, WAN, VPN?

Apapun koneksi yang kamu gunakan, baik itu Wi-Fi dirumah atau jaringan Ethernet di kantor, kamu menjadi bagian dari jaringan komputer. Jaringan komputer termasuk perangkat seperti router, hub, switch, repeater, network card, perangkat pengguna (smartphone, tablet, PC, dll), dan lainnya. Perangkat-perangkat tersebut dapat diatur dengan beragam topologi jaringan sesuai kebutuhan.

Kita dapat mengklasifikasi jaringan kedalam beberapa tipe berbeda tergantung dari ukuran dan area geofrafis. Tipe jaringan yang paling umum adalah LAN, WLAN, WAN dan lainnya. Kali ini kami akan membahas perbedaan jaringan.

Perbedaan Jaringan – LAN

LAN atau Local Area Network merupakan bentuk jaringan yang paling banyak dikenal oleh orang. Jaringan ini hanya berada pada area terbatas, misalnya didalam rumah atau kantor. Biasanya menggunakan teknologi Ethernet (IEEE 802.3) untuk membuat LAN. Kabel ethernet menghubungkan berbagai perangkat yang ada didalam area terbatas rumah atau kantor. Untuk meningkatkan capaian LAN bisa menggunakan repeater, bridges dan lainnya.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Perbedaan Jaringan – WLAN

WLAN atau wireless LAN merupakan jaringan yang sama dengan LAN, namun menggunakan teknologi yang berbeda. WLAN menggunakan teknologi Wi-Fi yang biasa menggunakan standar IEEE 802.11. Jika kamu berpikir bahwa Wi-Fi dan WLAN merupakan hal yang sama, hal tersebut keliru. Wi-Fi digunakan untuk membuat jaringan wireless local area network atau WLAN.

Sinyal Wi-Fi hanya mampu mencapai radius beberapa ratus meter. Untuk memperkuat atau menyambungnya bisa menggunakan wireless repeater dan bridges.

Perbedaan Jaringan – MAN

MAN atau metropolitan area network merupakan jaringan yang lebih luas dalam satu kota dengan kecepatan transfer data berkecepatan tinggi. MAN merupakan gabungan dari banyak LAN di kampus, perkantoran, pemerintahan dan lainnya. Kabel digunakan untuk mendukung koneksi didalam kota untuk membuat MAN. Dan dibeberapa kota juga menggunakan Wi-Fi.

Perbedaan Jaringan – WAN

WAN atau wide area network merupakan jaringan yang lebih luas lagi, yang menghubungkan jaringan antar kota, provinsi bahkan antar negara. Ruoter atau modem ditempatkan dirumah atau kantor dan lainnya untuk mengkoneksikan ke WAN. Internet sendiri merupakan tipe dari WAN yang menyebar di seluruh bumi.

Berbagai teknologi yang kita kenal yang digunakan untuk terkoneksi ke internet seperti ADSL, 4G LTE, kabel, fiber optic dan lainnya. Untuk menghubungkan koneksi antar negara menggunakan kabel bawah laut.

Perbedaan Jaringan – VPN

VPN atau Virtual Private Network, merupakan suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara pribadi melalui jaringan Internet (publik). Disebut Private Network karena VPN bersifat privat maksudnya hanya orang atau organisasi tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Biasanya digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan ruang sendiri di internet. Misalnya bisnis yang memerlukan keamanan jaringan sendiri di internet melakukan berbagai kegiatan internal antar cabang.

 

Comments

comments