Peneliti Temukan Cara Mengenal Tanda Depresi Melalui Instagram

Peneliti Temukan Cara Mengenal Tanda Depresi Melalui Instagram

Sebelumnya eberapa peneliti berhasil menggunakan data dari Instagram untuk menebak umur pengguna. Dan sekarang hasil riset terbaru berhasil membuat model yang dapat mendeteksi apakah orang menderita depresi, hanya dengan melihat foto-foto yang diunggah ke Instagram.

Dengan menggunakan satu set machine tools dan banyak data dari feeds pengguna Instagram, tim peneliti yang berasal dari Harvard dan University of Vermont berhasil membuat model yang akurat, yang dapat menunjukan tanda-tanda klinis dari depresi.

Hal ini bisa dilakukan dengan menilai melalui analisa warna, komponen metadata, dan algoritma pendeteksi wajah. Dengan model ini dapat secara akurat (hingga 70%) mengidentifikasi pengguna Instagram mana yang menunjukan gejala depresi, meski secara klinis mereka belum di-diagnosa menderita depresi.

Selama masa uji coba, model ini menganalisa sebanyak 43.950 foto dari 166 pengguna Instagram yang berbeda untuk melakukan prediksi. Dan sebelum semua orang menjadi psikolog Instagram amatir, tim peneliti ini membuat catatan bahwa model yang mereka bangun tidak dimaksudkan untuk melakukan diagnosis definitif dan memvonis orang menderita depresi. Melainkan model ini hanya untuk melakukan screening awal dan mendeteksi penyakit mental. Dan mungkin model ini akan menjadi cetakbiru untuk screening penyakit mental yang efisien, seiring dengan berkembangnya masyarakat digital.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Mungkin dimasa mendatang akan ada aplikasi yang dapat mengakses Instagram atau akun media sosial lain yang dimiliki pengguna, melakukan analisa dan memberitahukan jika akhir-akhir ini kamu terlihat biru, maksudnya foto yang diupload sering menggunakan efek berwarna biru.

Pengguna yang depresi terlihat lebih memilih menggunakan efek kebiru-biruan, keabu-abuan atau lebih gelap, seperti efek Inkwell dan Croma yang paling banyak digunakan. Dibandingkan dengan pengguna yang dikatakan sehat lebih senang menggunakan efek dengan tone yang lebih cerah, Valencia merupakan efek yang paling banyak digunakan oleh pengguna yang sehat.

Jadi jika kamu tidak ingin terlihat depresi di Instagram, lebih baik kamu memilih menggunakan efek dengan tone yang lebih cerah. Kamu bisa memilih efek seperti Valencia, X-Pro II, Hefe, Amaro, Rise, dan efek cerah lainnya. Dibawah ini tabel yang memperlihatkan efek yang digunakan pengguna yang sehat dan yang dikategorikan depresi dari penelitian diatas.

Peneliti Temukan Cara Mengenal Tanda Depresi Melalui Instagram

Buat-Website-150x100

Comments

comments