Nasihat Bijak Einstein untuk Sukses

Nasihat Bijak Einstein untuk Sukses

Nasihat Bijak Einstein untuk Sukses
Nasihat Bijak Einstein untuk Sukses

Apa yang akan kalian lakukan apabila mendengar kata Albert Einstein pada artikel ini? Mungkin kalian akan berpikir bahwa artikel ini berisikan rumus-rumus fisika, teori fisika, teori relativitas, atau hal-hal yang jenius lainnya. Tenang saja, artikel ini hanya membahas nasihat-nasihat yang diangkat dari filosofi hidup Albert Einstein untuk mencapai kesuksesan saja kok.

Memang kedengarannya aneh, Albert Einstein kok membahas tentang nasihat bijak untuk sukses? Apa hubungannya? Sebenarnya Albert Einstein tidak hanya seorang jenius dalam bidang fisika, tetapi Albert Einstein juga seorang jenius dalam menjalani hidupnya. Sehingga terdapat beberapa filosofi hidup Albert Einstein yang dapat berpengaruh besar terhadap kehidupan kita. Jadi, apa saja nasihat-nasihat bijak Einstein? Yuk kita simak artikel ini.

1. Follow Your Curiosity / Ikuti Terus Rasa Ingin Tahu Anda

“I have no special talent. I am only passionately curious / Saya bukan memiliki bakat khusus. Saya hanya menikmati rasa keingin tahuan.”

Ada sebuah nasihat berisikan, “The expert at anything was once a beginner / Seorang ahli apa pun pernah menjadi pemula”. Semua orang sukses memang terlihat memiliki keahlian, tapi bagaimana mereka bisa mendapatkan keahlian tersebut adalah mereka mengikuti rasa keingin tahuan mereka.

2. Learn the Rules and Then Play Better / Pahami Aturan Main dan Mainlah Lebih Baik

“You have to learn the rules of the game. And then you have to play better than anyone else / Anda harus memahami aturan permainan. Kemudian Anda harus bermain lebih baik daripada pemain lain”

Bagi Albert Einstein, dia hanya perlu memahami peraturan-peraturan tentang dasar fisika lalu berpikir dan bekerja lebih baik dibandingkan dengan fisikawan lainnya. Jadi, kalian hanya perlu melakukan dua hal saja pada filosofi ini.

Pertama, kalian pelajari dan pahami peraturan bagaimana cara melakukan sesuatu untuk mencapai kesuksesan. Kedua, lakukan pekerjaan yang sebelumnya kalian telah pelajari dengan lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Apabila kalian bisa melakukan kedua hal tersebut, sudah pasti kalian akan menang dari orang lain.

3. Focus on the Present / Fokus pada Saat Ini

“Any man who can drive safely while kissing a pretty girl is simply not giving the kiss the attention it deserves / Seorang pria yang bisa menyetir dengan aman sambil mencium gadis cantik sebenarnya tidak memberikan cuiman yang layak”

Jangan memikirkan masalah ciuman pada nasihat ini, ini hanyalah sebuah istilah. Disini Albert Einstein mengatakan, bahwa kita tidak bisa menyetir dengan baik sambl mencuim gadis cantik dengan sepenuh hati. Istilah lainnya, kalian tidak dapat menembak dua ekor burung dengan satu butir peluru.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Jadi, pengertian kalimat Albert Einstein tersebut adalah kalian harus fokuskan perhatian kepada apa yang sedang kalian kerjakan. Perhatian yang terfokus adalah sumber kekuatan untuk membawa kalian ke kesuksesan.

4. The Imagination is Powerful / Imaginasi adalah kekuatan

“Imagination is everything. It is the preview of life’s coming attractions. Imagination is more important than knowledge / Imajinasi adalah segalanya. Imaginasi lebih penting daripada pengetahuan”

Kalian pasti memikirkan terlebih dahulu smartphone seperti apa yang kalian ingin gunakan baru kalian beli bukan? Itu merupakan contoh praktek dari “Imagination shapes your realty (imajinasi membentuk realita)”. Imajinasi merupakan peran paling penting dalam membentuk kesuksesan hidup kalian, bentuklah impian kalian dengan berimajinasi.

5. Make Mistakes / Buat Kesalahan

“A person who never made a mistake never tried anything new / Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tidak pernah mencoba hal yang baru”

Jika kalian ingin sukses, pelajari kesalahan kalian. Albert Einstein tidak pernah takut akan membuat kesalahan, karena KESALAHAN bukan KEGAGALAN. Kesalahan yang sudah kalian lakukan dapat membantu kalian menjadi lebih mengerti akan kesalahan kalian, sehingga kalian akan menghindarinya untuk melakukannya lebih baik, lebih cepat, dan lebih cerdas.

6. Live in the Moment / Hidup pada Saat Ini

“I never think of the nature – it comes soon enough / Saya tidak pernah memikirkan masa depan – itu akan segera datang”

Sama seperti teori Albert Einstein mengenai quantum fisika, mengubah hal yang sudah terjadi di masa lalu itu hal yang tidak mungkin. Hal yang bisa kalian lakukan untuk mencapai kesuksesan adalah mengubah cara pikir, cara pandang, dan cara melakukan kalian pada saat ini. Kalian juga tidak bisa mengubah masa depan untuk menjadi lebih baik, kecuali kalian melakukan yang terbaik pada saat ini.

7. Create Value / Hargai diri Anda

“Strive not to be a success, but rather to be of value / Berusaha keras untuk bukan menjadi sukses, tapi untuk menjadi lebih berharga”

Apakah Albert Einstein bekerja keras untuk mengejar kesuksesan? Tidak, Albert Einstein bekerja keras demi meningkatkan nilai dirinya dengan belajar terus menerus untuk membuat dirinya pintar. Setelah itu, sukses akan datang dengan sendirinya. Sama seperti berlian dengan kerikil, apakah harga berlian dengan kerikil sama? Pastinya tidak sama. Karena berlian telah mengalami banyak tekanan yang membedakan nilainya dengan kerikil.

8. Don’t Expect Different Results / Jangan mengharapkan Hasil yang Berbeda

“Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different results / Kegilaan: melakukan sesuatu dengan cara yang sama berulang-ulang kali dan mengharapkan hasil yang berbeda”

Apabila kalian ingin hidup kalian berubah, kalian harus merubah cara hidup kalian. Ubahlah cara pikir kalian, cara pandang dan cara melakukan sesuatu. Karena orang sukses di dunia memiliki cara pikir, cara pandang dan cara melakukan sesuatu yang berbeda dengan orang pada umumnya.

9. Knowledge Comes From Experience / Pengetahuan Berasal dari Pengalaman

“Information is not knowledge. The only source of knowledge is experience / Informasi bukanlah pengetahuan. Satu-satunya sumber pengetahan adalah pengalaman”

Pesan Albert Einstein, carilah pengalaman sebanyak mungkin! Karena pengetahuan berasal dari pengalaman yang telah kita lalui. Kalian tidak akan tahu kalau kalian bisa sukses kalau kalian tidak pernah mencoba untuk melakukan hal yang membawa kalian menuju puncak kesuksesan.

10. Perseverance is Priceless / Ketekunan itu Tak Ternilai

“It’s not that I’m so smart; its’s just that I stay with problem longer / Saya bukannya terlalu pintar, hanya saja saya lebih lama menhadapi masalah”

Nasihat Bijak Einstein yang terakhir ini mengajarkan apapun masalah yang sedang kita hadapi, harus bertahan untuk melewatinya. Seberat apapun itu tantangannya, apabila kita yakin, maka semua itu akan

Nasihat Bijak Einstein untuk Sukses

Kata pencarian: nasihat bijak einstein, bijak einstein, sukses bijak einstein, nasib bijak einstein, bapak bijak einstein, kepintaran bijak einstein, pintar bijak einstein

Comments

comments