Mengetahui Notifikasi Error Pada Saat Browsing Internet

Mengetahui Notifikasi Error Pada Saat Browsing Internet

Notifikasi Error ERR_CONNECTION_TIMED_OUT
ERR_CONNECTION_TIMED_OUT

Sudah tidak bisa dipungkiri, bahwa Indonesia sekarang adalah salah satu negara yang tergila-gila dengan akses internet, bahkan pada saat ini kalian membaca artikel ini dengan melakukan browsing akses internet.

Selama kalian melakukan browsing internet, pasti pernah terjadinya error pada browser kalian. Dan terjadinya error tersebut pun dikarenakan banyak alasan, entah itu koneksi internet kalian lemot atau tidak berjalan, website yang kalian kunjungi tidak aktif, akses kalian diblok, dan masih banyak lainnya.

Pada dasarnya, semua error tersebut sebenarnya memiliki permasalahan yang berbeda, entah itu dari akses internet kalian atau website yang kalian kunjungi. Tapi, masalah tersebut bisa kalian ketahui apabila kalian mengerti akan notifikasi error yang tertulis pada browser kalian. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan kalian tips untuk mengetahui arti dari notifikasi error yang terdapat pada browser kalian dan sekaligus solusi untuk mengatasinya.

1. “This webpage is not available, ERR_CONNECTION_RESET”

Notifikasi Error ERR_CONNECTION_RESET
ERR_CONNECTION_RESET

Notifikasi error ini merupakan notifikasi error yang paling sering terjadi pada saat melakukan browsing internet. Karena notifikasi error tersebut menandakan bahwa akses internet kalian terputus atau tidak tersambung.

Solusi untuk mengatasi error tersebut tergantung dari masalah akses internet kalian. Apabila kabel internet kalian tersenggol atau terlepas dari modemnya, berarti kalian hanya perlu menyambungkan kembali kabel internet tersebut ke modemnya. Tapi kalau memang koneksi internet dari ISP (Internet Service Provider) bermasalah, maka kalian tunggu saja beberapa menit sampai koneksi internetnya kembali, apabila lebih dari satu jam koneksi internet tetap tidak tersambung, maka kalian harus menelepon ISP kalian.

2. “This webpage is not available, ERR_CONNECTION_TIMED_OUT”

Notifikasi Error ERR_CONNECTION_TIMED_OUT
ERR_CONNECTION_TIMED_OUT

Notifikasi error ini juga tergolong cukup sering terjadi pada saat melakukan browsing internet. Notifikasi error ini muncul biasanya menandakan dua hal. Diantara akses internet kalian lambat atau website yang kalian akses memiliki ukuran yang sangat besar (biasanya disebut BandWidth Killer / BWK).

Solusinya, kalau memang hanya satu website saja yang kalian akses muncul notifikasi error tersebut, maka mau tidak mau kalian tekan tombol refresh sampai website ter-load semua. Apabila browser kalian memang sering muncul notifikasi error tersebut pada banyak website, maka solusi yang terbaik adalah mengganti / meningkatkan BandWidth internet kalian.

[Baca juga: Tips Saat Menggunakan Internet dan Media Sosial]

3. “This webpage is not available, DNS_PROBE_FINISHED _NO_INTERNET”

Notifikasi Error DNS_PROB_FINISHED_NO_INTERNET
DNS_PROB_FINISHED_NO_INTERNET

Notifikasi error ini mencul dikarenakan kalian belum memilih atau belum tersambung ke akses internet. Maka dari itu, kalian tidak dapat mengakses jaringan.

Solusinya mudah, kalian cukup sambungkan ke jaringan yang memiliki akses internet.

4. “This webpage is not available, DNS_PROBE_FINISHED _NXDOMAIN”

Notifikasi Error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN
DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN

Notifikasi error tersebut menandakan adanya kemungkinan pengaturan akses internet yang keliru. Karena pengaturan DNS (Domain Name Server) yang kalian gunakan tidak sesuai.

Solusinya adalah dengan mengecek kembali pengaturan akses internet yang sedang kalian gunakan.

5. “This webpage is not available, ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR”

Notifikasi Error ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR
ERR_QUIC_PROTOCOL_ERROR

Ada 2 hal yang bisa menyebabkan munculnya notifikasi error tersebut. Pertama, website yang kalian tuju sudah dihapus / sedang dipindahkan atau sedang mengalami down.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Solusinya, kalau memang website yang kalian tuju sedang mengalami down, maka kalian harus menunggunya sampai up / bisa diakses kembali. Apabila sekian lama di-reload / dimuat ulang masih muncul notifikasi error tersebut, maka mau tidak mau kalian harus mencari alternatif website yang sejenis.

6. “This webpage is not available, ERR_EMPTY_RESPONSE”

Notifikasi Error ERR_EMPTY_RESPONSE
ERR_EMPTY_RESPONSE

Notifikasi error tersebut menandakan website yang sedang kalian tuju sudah tidak ada atau website tersebut tidak tersedia.

Solusinya hampir sama seperti yang terdapat pada notifikasi error sebelumnya, yaitu mencari alternatif website yang sejenis.

7. “This webpage is not available, ERR_NETWORK_CHANGED”

Notifikasi Error ERR_NETWORK_CHANGED
ERR_NETWORK_CHANGED

Notifikasi error ini menandakan dua kemungkinan dengan solusi yang berbeda. Pertama, kalian belum tersambung ke jaringan yang terdapat akses internet, solusinya adalah mengecek kembali jaringan kalian.

Kedua, jaringan firewall atau pengaturan antivirus kalian yang mencegah kalian untuk masuk ke akses internet. Solusinya adalah mengatur firewall dan antivirus kalian sampai bisa memperbolehkan kalian untuk masuk ke akses internet.

Mengetahui Notifikasi Error Pada Saat Browsing Internet

Comments

comments