Intel Core 7th Generation Kaby Lake Resmi Diumumkan

Intel Core 7th Generation Kaby Lake Resmi Diumumkan

Intel baru saja mengumumkan prosesor generasi terbaru buatannya Core 7th generation, yang memiliki sandi ‘Kaby Lake.’ Prosesor terbaru ini dibuat dengan menggunakan arsitektur Intel 14nm (atau 14nm+) dan merupakan versi perbaikan dari seri ‘Skylake’ yang dirilis tahun 2015 lalu.

Video dengan resolusi 4K menawarkan kualitas yang memukau, namun memainkan video dengan resolusi sebesar ini bisa membuat prosesor PC kamu ‘kebakaran.’ Dan akhirnya Intel memberikan kejutan lewat prosesor 7th generation terbaru yang sudah mendukung video 4K, baik untuk encoding maupun decoding.

Baca juga:

Intel menambahkan kemampuan hardware encoding dan decoding untuk kedua video, 10-bit HEVC 4K dan 8 sampai 10-bit VP9. Ada juga dukungan HDR dan wide color gamut, tetapi Intel mengatakan terserah pabrikan untuk mengimplementasikan teknologi tersebut untuk menyaingi kedua standar HDR, Dolby Vision dan HDR10. Selain membuat pengguna dapat menonton video 4K di perangkat PC atau Laptop, prosesor baru ini juga menawarkan performa yang baik selama proses encoding file media, dengan kecepatan antara 1x dan 3x untuk video 30FPS 4K.

Seperti yang telah disebutkan di atas, Intel Core 7th generation Kaby Lake basisnya merupakan versi perbaikan dari seri Skylake yang dirilis tahun lalu. Sekali lagi prosesor ini dibuat menggunakan proses 14 nanometer, dan mengandalkan fitur Intel Speed Boost, yang dapat mendorong kinerja prosesor hingga kecepatan maksimum lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Intel Core 7th generation terbaru ini diklaim menawarkan kinerja CPU 70% lebih cepat dan kinerja grafis 3D 3,5 kali lebih cepat dibandingkan dengan PC berumur 5 tahun. Sementara dibandingkan dengan prosesor generasi Skylake, Kaby Lake menghadirkan kinerja produktifitas 12% lebih cepat dan kinerja web 19% lebih cepat. Intel juga mengklaim dapat membuat dan melakukan editing video 4K UHD 15% lebih cepat.

Intel Core 7th generation juga hadir dengan dukungan teknologi Thunderbolt 3 melalui port USB Type-C, dengan bandwidth 40Gbps, mendukung dual monitor 4K 60Hz, output power 100W, eksternal graphic, dan dukungan jaringan Thunderbolt. Serta menggunakan port PCle Gen 3, yang memiliki transfer data yang lebih cepat hingga 8 GT/s dibandingkan dengan PCle Gen 2 yang hanya mendukung transfer data 5 GT/s. Intel juga mengklaim prosesor terbarunya ini lebih hemat baterai.

Intel membagi prosesor Core 7th generation kedalam dua grup: Seri Y untuk desain yang tipis menggunakan power 4,5 watts, dan seri U untuk kinerja yang lebih cepat. Untuk seri Y yang lebih efisien berjalan dengan clock antara 1GHz dan 1.3GHz, dengan boost antara 2.6GHz dan 3.6GHz. Sementara seri U memiliki clock antara 2.4GHz dan 2.7GHz, dengan boost hingga 3.1GHz untuk Core i5 dan 3.5GHz untuk Core i7. Seri Y termasuk Core i7, COre i3 dan COre M3, sedangkan seri U termasuk Core i7, Core i5 dan Core i3.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Jika kamu sedang ingin mengupgrade laptop baru, maka sepertinya kamu harus menunggu beberapa bulan untuk merasakan laptop dengan prosesor Intel terbaru. Sementara untuk upgrade atau membeli PC baru disarankan untuk menunggu hingga bulan Januari 2017.

 

Buat-Website-150x100

Comments

comments