Ini Dia Fitur Baru Android O Yang Harus Kamu Tahu

Ini Dia Fitur Baru Android O Yang Harus Kamu Tahu

Kemarin, 21 Maret 2017, Google baru saja memperkenalkan versi Android baru yang untuk saat ini hanya dipanggil dengan nama Android O. Untuk versinya kemungkinan adalah versi 8.0, dan untuk namanya banyak yang mengatakan adalah Oreo.

Selain memperkenalkannya, Google juga akan merilis Android O Developer Preview. Dari namanya ROM ini ditujukan khusus untuk developer, namun pengguna biasa juga bisa mencobanya. ROM ini tersedia untuk Pixel, Pixel XL, Nexus 6P, Nexus 5X, Pixel C dan Nexus Player. Namun saat ini, Android O masih belum hadir di Android Beta Program, dan kita masih harus menunggu hingga versi yang lebih stabil.

Menurut Google Android Developers, Android O Developer Preview revision 2 dijadwalkan akan dirilis pada pertengahan May 2017, sementara revision 3 akan dirilis pada pertengahan Juni, dan revision 4 akan dirilis sebelum finale release dirilis pada kuartal 3 2017.

Fitur-Fitur Baru Android O Yang Harus Kamu Tahu

1. Background limit

Dimulai dari Android 7.0, sistem operasi mobile ini dapat membuat batasan aktivitas aplikasi yang berjalan di background.

Limit baru pada Android O ini berlaku pada implicit broadcast, background services dan location updates. Ini berarti lebih mudah untuk membangun aplikasi yang tidak akan berpengaruh pada baterai dan penggun tidak perlu lagi mengatur segalanya.

2. Notification channel

Pada Android O, Google memperkenalkan Notification channel baru. Channel akan membuat grup notifikasi berdasarkan tipenya. Notifikasi tetap dikelola oleh aplikasi, tetapi penggun dapat mengaturnya untuk bagaimana mereka ditampilkan berdasarkan channel.

3. Autofill API

Dengan Autofill API, pengguna dapat memilih sumber untuk data autifill, dan aplikasi yang membutuhkannya untuk menyimpan dan mendapatkan data ini tidak lagi butuh untuk bertindak sebagai Accessibility service. Aplikasi seperti password manager dapat menggunakan Autofill API dan kita dapat memilihnya ketika kita menggunakan aplikasi keyboard baru.

4. Picture in picture

Picture in picture (PiP) fitur ini diperkenalkan pada Android TV, dan sekarang Google menghadirknya untuk perangkat Android, smartphone dan tablet.

5. Font resources di HTML

Android O mempromosikan font resource di XML. Ini berarti font dapat didefinisikan seperti warna dan resource lainnya pada application layout menggunakan XML. Ini berarti pengembang dapat membuat aplikasi yang memiliki font-nya sendiri tanpa ada prosedur yang sulit.

6. Adaptive icon

Google Pixel Launcher membawa adaptive icon, dan sekarang Android mendukungnya secara native untuk keseluruhan sistem. Dengan fitur ini, ikon dapat dibuat animasi. Adaptive icon mendukung pada launcher, shortcut, device settings, sharing dialogs dan aplikasi pada overview screen.

7. Wide-gamut color untuk aplikasi

Aplikasi seperti photo editor dan image viewer dapat menggunakan fitur ini, namun perangkatnya juga harus mendukung wide-gamut color.

8. Konektivitas

– High-quality Bluetooth Audio.
– NAN (Neighborhood Aware Networking), perangkat dengan hardware yang mendukung dapat berkomunikasi dengan lainnya menggunakan Wi-Fi tanpa central access point.
– Telecom framework.

9. Keyboard navigation

Android O fokus pada model yang lebih baik untuk tanda pana dan tab key vavigation.

10. AAudio API untuk Pro Audio

AAudio API dibangun untuk aplikasi yang membutuhkan performa tinggi dan low-latency untuk audio path.

11. Peningkatan WebView

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Android O mengaktifkan mode multiproses untuk komponen WebView dan menambahkan API jadi pengembang dapat menangani error dan crash-nya sendiri. Hal ini membuat aplikasi yang menggunakan bahasa pengembangan web lebih stabil dan aman.

12. Java 8 API

Android 0 mendukung Java Language API yang baru, termasuk java time API yang diperkenalkan pada versi terbaru Java 8. Pengoptimalan untuk runtime yang baru juga termasuk untuk performa dan stabilitas yang lebih baik pada aplikasi yang didesain untuk Android O.

13. Dan masih banyak lagi fitur-fitur baru yang akan dihadirkan.

 

 

Comments

comments