Google Search Akan Tendang Situs Dengan Iklan Mengganggu

Google Search Akan Tendang Situs Dengan Iklan Mengganggu

Pada Google Search, Google mempunyai misi untuk membantu pengguna internet secara cepat mencari jawaban yang sedang dicari, baik menggunakan perangkat desktop maupun mobile. Dan sekarang Google mengumumkan dua perubahan besar yang akan segera diterapkan pada pencarian mobile, sehingga pengguna lebih mudah menemukan konten yang mereka cari.

1. Membuat simpel hasil pencarian mobile

Dua tahun lalu, Google menambahkan fitur label Mobile-friendly yang terlihat dibawah alamat URL setiap halaman situs yang muncul pada hasil pencarian Google Search. Label ini bertujuan untuk membantu pengguna mobile menemukan halaman situs agar bisa dibaca pada perangkatnya, tanpa harus melakukan zoom ini.

Untuk membuat hasil pencarian tetap teratur, Google akan menghilangkan label ini, karena 85% situs yang muncul pada halaman pencarian sudah mobile-friendly. Meski label ini dihilangkan, kriteria mobile-friendly masih tetap sebagai salah satu nilai tambah di mata Google Search agar situs tampil di halaman teratas hasil pencarian.

Google tetap akan menyediakan mobile usability pada Search Console, dan mobile-friendly test untuk membantu pemilik situs mengevaluasi efek mobile-friendly pada situsnya.

2. Membantu pengguna menemukan konten yang mereka cari

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Meski sudah 85% situs mobile-friendly atau konten yang ada pada situs bisa dibaca dari perangkat mobile tanpa perlu repot melakukan zooming. Namun ternyata masih banyak pengguna yang tidak bisa membaca konten yang ada pada situs, karena tertutup oleh halaman interstitial. Halaman interstitial biasanya merupakan halaman iklan, situs akan menampilkan satu halaman penuh iklan yang ditampilkan sebelum halaman suatu situs tampil. Tentunya sebagai pengunjung, iklan semacam ini sangat mengganggu dan mengurangi pengalaman pengunjung.

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna mengakses halaman situs terutama bagi mereka yang menggunakan perangkat smartphone dengan layar yang lebih kecil ketimbang layar monitor. Setelah tanggal 10 Januari 2017, halaman situs yang tidak menampilkan konten dengan mudah karena terhalang iklan interstitial, Google akan membuatnya tidak memiliki ranking yang tinggi pada mesin pencarian.

Beberapa teknik iklan interstitial yang dianggap mengganggu oleh Google:

– Menampilkan halaman iklan pop-up yang menutupi konten utama. Baik iklan yang muncul segera setelah pengguna masuk ke halaman situs, atau pada saat sedang mencari informasi di suatu situs.

– Menampilkan halaman iklan interstitial yang menutupi semua halaman situs, dan pengguna harus menutupnya terlebih dahulu untuk membaca konten. Malahan ada banyak situs yang tidak menyediakan atau menyembunyikan tombol tutup pada iklan interstitial yang ditampilkan

– Halaman klan interstitial ditampilkan pada bagian atas situs, tetapi konten utama berada dibaliknya, sehingga harus menutup iklan ini terlebih dahulu sebelum mengakses konten yang dituju.

Namun untuk pop-up atau halaman interstitial yang berisi info, seperti memasukan umur sebelum mengakses halaman situs, info untuk menginstall aplikasi Android dan informasi lainnya yang dirasa tidak mengganggu.

Comments

comments