Google Play Protect Lindungi Perangkat Android Dari Malware

Google Play Protect Lindungi Perangkat Android Dari Malware

Sebagai salah satu cara melindung penggunanya dari malware atau aplikasi berbahaya, diam-diam Google merilis sistem baru yang bernama Google Play Protect untuk pengguna Android.

Sebelum kamu terlalu senang, tidak semua perangkat merasakan sistem baru ini. Untuk saat ini Google Play Protect baru dirilis pada Google Play Services 11. Untuk melihat versi Google Play Services yang digunakan, masuk ke Settings-> Apps-> Dari daftar aplikasi klik Google Play Services. Jika kamu menggunakan versi 11 ke atas, maka kamu sudah dilindungi oleh Play Protect.

Fitur Google Play Protect ini melindungi perangkat Android yang kamu gunakan, dengan cara men-scan aplikasi yang terpasang dan juga perangkat dari kegiatan yang mencurigakan. Jika ada resiko yang ditemukan, maka akan ada pemberitahuan.

Google Play Protect tidak memiliki menu seperti aplikasi pada umumnya, karena memang aplikasi ini berjalan diam-diam melindungi perangkat Android tanpa pengguna sadari. Dan kitapun tidak bisa mencari aplikasi ini di Play Store ataupun mencari file APK-nya di internet, karena Play Protect ini merupakan bagian dari Google Play Services.

Untuk mengkonfigurasi Google Play Protect, kamu bisa masuk dari Settings-> Google-> Security-> Google Play Protect. Biarkan saja tercentang “Scan device for security threats,” agar fitur ini selalu melindungi perangkat Android kamu dari malware.

Untuk menggunakan Google Play Protect kamu hanya perlu mengupdate Google Play Services menjadi versi 11, yang akan mengaktifkannya secara default. Kamu bisa saja mendownload file APK Google Play Services 11 dari situs seperti Apkmirror, tetapi saya tidak tahu apakah bisa dipasang atau tidak, terutama pada versi Android dibawah 7.0. Karena saya menggunakan smartphone dengan Android 7.0, dan Google Play Services sudah versi 11.

 

Jangan lupa klik banner di bawah ini

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments