Google Pixel dan Pixel XL Resmi Diumumkan

Google Pixel dan Pixel XL Resmi Diumumkan

Rabu, 4 Oktober 2016, raksasa internet yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat memperkenalkan duo smartphone flagship baru, Google Pixel dan Pixel XL.

Duet smartphone seri Pixel terbaru ini menjadi pengganti seri Nexus, dimana Google menghadirkan semua yang terbaik darinya. Keduanya didesain langsung oleh Google, baik eksterior maupun jeroannya, dimana smartphone ini dirancang khusus untuk menghadirkan kinerja yang sangat bertenaga, desain eksterior yang ciamik dan sistem operasi terbaru yang mudah digunakan dan mendapatkan dukungan penuh dari Google. Namun untuk produksinya diserahkan pada HTC.

Didesain langsung oleh Google

Seperti yang bisa kamu lihat dari gambar di atas, Google Pixel dan Pixel XL memiliki desain yang sama , dan tampil dengan desain yang lebih fresh. Keduanya menggunakan body dengan material aluminium, sementara bagian depan dan bagian belakang atas dilapis dengan kaca.

Pada bagian atas belakang terdapat kamera, flash dan speaker, sementara dibawahnya terdapat sensor sidik jari yang disebut Pixel Imprint. Selain dapat digunakan untuk melindungi smartphone, sensor ini memiliki beberapa fungsi lain seperti, misalnya swipe down untuk membuka panel notifikasi.

Smartphone Pixel dan Pixel XL ini memiliki body dengan rating IP53, yang berarti anti debu dan juga tahan air (percikan air seperti air hujan). Keduanya ditawarkan dengan pilihan warna Quite Black, Very Silver dan Really Blue.

Layar

Google Pixel dan Pixel XL, meski keduanya memiliki desain yang sama namun keduanya memiliki ukuran yang berbeda. Pixel merupakan smartphone dengan layar berukuran 5 inci (Full HD 1080 x 1920 piksel), sedangkan Pixel XL merupakan smartphone dengan layar berukuran 5.5 inci (Quad HD 1440 x 2560 piksel). Keduanya menggunakan panel AMOLED dan dilindungi oleh kaca Gorilla Glass 4 buatan Corning.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Prosesor dan Memori

Dibalik layar Pixel dan Pixel XL, keduanya sama-sama ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 821, chipset yang paling bertenaga untuk saat ini. Chipset tersebut didukung dengan prosesor 64-bit quad core (2x 2.15GHz Kryo + 2x 1.6GHz Kryo) dan GPU Adreno 530 (yang lebih cepat dari GPU yang digunakan pada Snapdragon 820).

Sementara untuk mendukung fitur multitaskingnya dilengkapi dengan RAM LPDDR4 sebesar 4GB. Keduanya ditawarkan dengan pilihan memori internal sebesar 32GB atau 128GB, yang keduanya tidak dilengkapi dengan slot memori eksternal.

Kamera

Google Pixel dan Pixel XL, keduanya juga dilengkapi dengan hardware kamera yang sama. Dimana keduanya menggunakan sensor Sony IMX378 dengan resolusi 12 megapiksel, piksel sebesar 1.55-micron dan aperture f/2.0.

Pada sektor software untuk kamera, keduanya menggunakan algoritma HDR+ yang telah disempurnakan dan sekarang mampu bekerja dengan kondisi cahaya dengan range yang lebih luas. Dengan mengaktifkan HDR+, satu set gambar short exposure diambil dengan sangat cepat dan digabung menjadi satu gambar dengan hasil yang lebih memukau.

Kameranya memiliki kemampuan untuk merekam video 4K, namun sayangnya tidak memiliki fitur optical image stabilization. Sebagai gantinya Google menggunakan software image stabilization dengan algoritma yang telah disempurnakan.

Sedangkan untuk selfie, dipersenjatai dengan kamera 8 megapiksel dengan piksel 1.4-micron, aperture f/2.4 dan fixed focus.

Sistem Operasi

Google Pixel dan Pixel XL, keduanya hadir menggunakan versi terbaru Android yakni 7.1 Nougat. Keduanya menggunakan launcher buatan Google dengan fitur eksklusif Google Assistant.

Buat yang suka foto-foto ataupun merekam video dengan resolusi maksima (4K) pastinya membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Jangan khawatir, karena Google menyediakan layanan penyimpanan Cloud dengan kapasitas unlimited atau tidak terbatas.

Kedua smartphone seri Pixel ini memiliki sertifikasi Daydream VR, konsep virtual reality yang diperkenalkan oleh Google pada musim semi kemarin. Satu lagi fitur eksklusif yang dihadirkan adalah Care by Google, layanan support 24/7 yang akan membantu permasalah pengguna seputar smartphone Pixel-nya melalui telepon atau chat.

Rilis dan Harga Google Pixel dan Pixel XL

Google sudah membuka pre order Pixel dan Pixel XL dibeberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Jerman dan India, dimana penjualannya resmi dibuka mulai 20 Oktober 2016. Google juga menjanjikan akan merilisnya secara global.

Sementara untuk banderol harganya, Pixel ditawarkan dengan harga mulai dari US$ 649 atau sekitar Rp8,4 jutaan, sementara Pixel XL ditawarkan dengan harga mulai dari US$ 769 atau sekitar Rp10 jutaan.

 

Buat-Website-300x250

Comments

comments