Facebook Watch Layanan Video Pesaing YouTube dan Netflix

Facebook Watch Layanan Video Pesaing YouTube dan Netflix

Facebook baru saja mengumumkan bahwa raksasa teknologi ini merlis layanan video baru yang siap menyaingi YouTube dan Netflix. Layanan video baru ini dipanggil dengan nama Watch.

Facebook Watch, hadir dalam tab video baru pada aplikasi mobile Facebook, pada desktop dan aplikasi TV. Layanan video dari Facebook ini akan menampilkan siaran video live dan juga konten video episodic.

Apa yang bisa kamu harapkan di Facebook Watch? Saat ini Facebook baru membuka platform layanan video ini hanya ke beberapa pembuat konten, karena memang masih dalam tahap uji coba. Pengguna Facebook dapat menonton video seperti Nas Daily, yang berisi video klip berdurasi 1 menit dari seluruh dunia, seri motivasi dari Gabby Bernstein, dan juga Tastemade Kitchen Little, yang dapat mengajarik anak menjadi chef. Dan juga pengguna bisa menyaksikan siaran langsung Major League Baseball setiap minggunya.

Seperti yang saya bilang di atas, Facebook Watch masih dalam tahap uji coba, tepatnya hanya untuk pengguna Facebook di Amerika Serikat. Facebook mengatakannya juga akan merilis layanan video ini secara global. Facebook saat ini tengah mengundang pembuat konten untuk mendaftar ke platform video baru ini, dan ketika mereka sudah terdaftar mereka akan memiliki Show Page sendiri, mirip seperti Facebook Page saat ini. Fans dapat mengikutinya dan menemukan video terbaru dari pembuat konten tersebut.

Untuk penonton, Facebook juga menyediakan watchlist agar mereka dapat menyimpan episode yang ingin ditonton nanti. Pengguna juga bisa menemukan video berdasarkan orang-orang berinteraksi dengan mereka, pada bagian seperti “Mosk Talk About,” “What’s Making People Laugh.” Dan juga ada bagian “What Friends Are Watching,” untuk menemukan video yang ditonton oleh teman-teman mereka.

Facebook juga menyiapkan program untuk mendukung pembuat konten dengan membantunya agar mereka mendapatkan uang dari video yang dibuatnya melalui iklan. Seperti YouTube, Facebook akan menyediakan ads break di tengah-tengah video untuk menghasilkan uang bagi pembuat konten. Dengan pengguna lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia, tentunya hal ini dapat menjadi penantang serius bagi YouTube.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Facebook juga siap untuk menandingi Netflix. Menurut kabar dari Wall Street Journal, dikabarkan bahwa Facebook mendekati produser Hollywood untuk membuat acara TV bagi penonton usia 17-30 tahun dengan budget miliaran dollar per 30-menit episode. Video dari Facebook ini dapat di streamed ke Chromecast dan juga Apple TV.

Facebook akan merilis Watch secara global dari beberapa bulan ke depan, dan pembuat konten sudah bisa mendaftar untuk memasukan konten dengan mengujungi halaman Facebook.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments