Facebook Stop Spam dan Berita Hoax

Facebook melalui Newsroom-nya mengumumkan bahwa mereka telah melakukan update besar yang dapat membantu mengurangi link atau tautan dengan kualitas rendah ditampilkan pada News Feed pengguna. Dan memang benar, akhir-akhir ini saya baru menyadari bahwa News Feed Facebook saya kini tidak lagi dipenuhi oleh link-link berita yang tidak jelas sumbernya dan bahkan link berita dari situs berita seperti Detik, Viva News, Republika dan lainnya kini juga ikutan jarang muncul di News Feed saya.

Facebook mengatakan bahwa mereka selalu bekerja untuk meningkatkan pengalaman penggunanya pada News Feed untuk menampilkan informasi yang lebih informatif dan menghibur. Mungkin saat ini Facebook sedang melakukan screening, situs-situs yang menampilkan berita terpercaya.

Penelitian yang dilakukan oleh Facebook menunjukan bahwa ada sekelompok kecil orang di Facebook yang secara rutin berbagi sejumlah besar posting publik per hari, secara efektik dianggap melakukan spam terhadap News Feed orang lain. Penelitian mereka selanjutnya menunjukan bahwa link yang mereka bagikan cenderung mencakup konten berkualitas rendah seperti clickbait, mencari sensasi dan informasi yang keliru. Sebagai hasilnya, mereka ingin mengurangi pengaruh spammer ini dan memprioritaskan link yang mereka bagikan lebih sering daripada pembagi biasa. Tentu saja, ini hanya satu sinyal di antara banyak hal lain yang dapat mempengaruhi prioritas peringkat dari jenis post ini.

Update baru ini hanya akan berlaku untuk link, seperti artikel individual, tidak ke domain, Pages, video, foto, check ini atau update status.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Salah satu nilai News Feed adalah seharusnya sangat informatif. Dengan mengambil langkah-langkah seperti ini untuk memperbaiki News Feed, Facebook dapat menampilkan lebih banyak cerita yang menurut orang informatif dan mengurangi penyebaran link bermasalah seperti clickbait, mencari sensasi dan informasi yang keliru.

Apakah Dampak Ini Terhadap Pages?

Sebagian besar penayang tidak akan melihat perubahan yang signifikan terhadap distribusinya di News Feed. Penayang yang mendapatkan distribusi berarti dari orang-orang yang secara rutin berbagi sejumlah besar post publik per hari dapat melihat pengurangan distribusi link khusus. Seperti biasa, penayang harus mengingat petunjuk dasar ini untuk menjangkau pemirsa mereka di Facebook dan terus memposting cerita yang relevan dengan pembacanya, dan pembaca merasa link yang dibagikan informatif.

Comments

comments