Facebook Rilis Lifestage, Pesaing Snapchat Untuk Remaja

Setelah sebelumnya memperkenalkan Instagram Story, dan mendapatkan banyak kritik karena dinilai meng-copy fitur yang ada pada Snapchat. Kini Facebook kembali meluncurkan produk yang memiliki fungsi yang sama seperti yang ada pada Snapchat.

Produk terbaru dari Facebook ini berupa aplikasi mandiri yang dipanggil dengan nama Lifestage. Aplikasi ini baru saja dirilis untuk platform iOS, iPhone dan iPad.

Lifestage merupakan aplikasi media sosial dengan fitur andalan klip video. Tidak seperti Facebook dimana kita update status dengan menuliskan teks, dengan aplikasi ini kamu bisa memberitahu dunia apa yang sedang kamu rasakan melalui klip video.

Pada saat awal setup, Lifestage akan meminta pengguna merekam video dirinya dengan wajah senang atau sedih, dan bahkan video ketika menari. Video-video ini akan dijadikan satu menjadi video dengan durasi yang lebih lama, yang akan dipergunakan sebagai video untuk profil utama. Yup, tidak seperti media sosial lain yang menggunakan foto, aplikasi ini menggunakan video untuk menampilkan profil penggunanya.

Selain itu aplikasi ini juga akan menampilkan apa yang saja yang disuka, yang tidak disuka, ekspresi wajah, teman baik, dan lainnya. Namun aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna dari kalangan remaja dibawah umur 21 tahun. Lifestage juga merupakan aplikasi berbasis sekolah, jika ada 20 atau lebih pengguna di sekolah yang sama, maka sekolah tersebut akan “unlocked.” Artinya pengguna harus berteman lebih dulu dengan 20 orang atau lebih agar dapat melihat video profile pengguna lainnya yang masih satu sekolah.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Secara teknis semua pengguna iOS dapat mendownload Lifestage meski berumur 22 tahun atau diatasnya, namun hanya dapat melihat video profilenya sendiri. Karena memang aplikasi ini dibuat khusus untuk para pelajar untuk berkomunikasi dengan teman sekolahnya. Pada saat setup pertama pengguna bisa saja menuliskan umur yang tidak sesuai, namun aplikasi ini menyediakan fitur untuk mem-block dan melaporkan pengguna yang tidak sesuai, cukup dengan me-swipe layar.

Lifestage tidak ditangani langsung oleh Mark Zuckenberg, sang pendiri Facebook, tetapi aplikasi ini dikembangkan oleh remaja yang bernama Michael Sayman, yang masih berusia 19 tahun. Sayman mengenal dunia pemrograman sejak usianya masih 13 tahun, dan sukses membuat aplikasi yang bernama 4Snaps dengan jutaan pengguna. Hal ini yang membuat Mark tertarik dengannya dan merekrutnya.

Platform video memang sedang populer dan ada potensi yang sangat besar, dan Instagram telah berada di jalan yang benar. Namun untuk Lifestage ini masih sangat jauh untuk menilainya, bisa saja aplikasi ini menjadi pesaing Snapchat atau menjadi produk gagal seperti Poke, Slingshot, Notify dan Paper.

Buat-Website-300x250

Comments

comments