Cara Menyimpan Halaman Web di Smartphone Untuk Baca Offline

Cara Menyimpan Halaman Web di Smartphone Untuk Baca Offline

Saat ini memang sudah jamannya koneksi seluler 4G yang lebih cepat dibandingkan dengan koneksi 3G, namun tetap kita tidak bisa mendapatkan koneksi dimana saja, misalnya saja kamu sedang berada di daerah yang terpencil atau berada di dalam gedung yang menghalangi koneksi seluler.

Smartphone modern seperti iPhone dan Android bagusnya memiliki fitur untuk menyimpan copy dari halaman web, sehingga kita bisa membacanya nanti ketika sedang offline. Jika kamu ingin menyimpan halaman web secara penuh, kamu bisa menyimpannya sebagai PDF. Hal ini juga berguna untuk menyimpan tiket, nota penjualan, peta, dan apapun yang kamu inginkan.

Kali ini saya akan membahas cara untuk menyimpan halaman web di smartphone iPhone dan Android untuk nanti kamu baca secara offline.

Menyimpan Halaman Web di iPhone

Apple telah menambahkan cara ini mulai dari iOS 9. Sambil melihat-lihat halaman web, kamu juga bisa berbagi halaman web yang sedang kamu lihat dengan tombol Share (tombol dengan ikon kota di atas terdapat panah) pada bagian atas. Untuk menyimpannya halaman web sebagai PDF, tinggal memilih icon Save PDF to iBooks.

Sekarang kamu bisa membuka aplikasi iBooks dan melihar copy fil PDF dari halaman web yang kamu simpan, kapan dan dimana saja ketika kamu offline. File PDF akan muncul dibawah menu My Books, dengan kategori PDF.

Menyimpan Halaman Web di Android

Pada sistem operasi Android, kamu bisa menggunakan fitur printing. Sama seperti di sistem operasi Windows, kita bisa mencetak halaman web penuh langsung dari web browser, tidak hanya mencetaknya ke printer tetapi juga dapat digunakan untuk membuatkan file PDF dari halaman web yang kita baca.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Tinggal masuk ke halaman web yang kamu inginkanm lalu klik tombol menu (garis tiga), dan pilih menu Print. Setelah itu kamu akan melihat halaman baru print preview. Pilih menu Save to pada halaman atas layar dan lalu pilih Save ads PDF, untuk menyimpan copy halaman web ke storage lokal. Atau kamu juga bisa langsung menyimppannya di Google Drive.

Comments

comments