Cara Melindungi Website Dari Serangan Siber

Cara Melindungi Website Dari Serangan Siber

Menurut laporan terbaru dari SiteLock, yang dirilis minggu kemarin, 99% website yang di-hacked adalah website nonprofit, blog dan bisnis kecil. Hal ini membuktikan bahwa tidak hanya website besar yang menjadi target serangan siber. Website-website ini rata-rata diserang 22 kali setiap harinya, atau lebih dari 8.000 kali setiap tahunnya.

Serangan berprofil tingga menargetkan serangan di sekitar bisnis raksasa, namun serangan siber kini tidak lagi hanya mengincar perusahaan besar. Pada faktanya, website bisnis menengah dan kecil sering lebih sering diserang hacker sebagai proxy untuk mempersiapkan serangan yang lebih besar.

Ahli keamanan siber dan presiden IP Architects, Jonh Pironti, mengatakan bahwa website milik bisnis kecil sering menjadi target karena mereka seringkali mengabaikan masalah keamaan. Perusahaan menengah dan kecil tidak bisa mencapai level keamanan yang sama seperti perusahaan besar, karena memang biayanya yang mahal.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

SiteLock juga menunjukan bahwa kehadiran media sosial berdampak besar pada serangan siber. Website yang terhubung dengan Tiwtter, Facebook dan Instagra, ancamannya meningkat 1,5 kali dibandingkan dengan rata-rata website. Apa yang membuat website semakin beresiko adalah dari kepopuleran website tersebut. Semakin populer, serangan siber lebih sering terjadi.

Menurut data yang diambil oleh SiteLock dari Oktober 2016 dan Maret 2017, bahwa serangan siber meningkat pada tahun ini. Pada Oktober 2016, sebanyak 37% website diserang oleh malware untuk menyerang website pengguna. Di bual Maret 2017 angkaini naik menjadi 53%.

Latihan yang tepat adalah suatu kebutuhan yang pasti untuk memperlakukan perubahan nyata pada keamanan siber. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh bisnis. Para pemimpin IT harus berfokus pada access control, configuration and change management, enkripsi, log managemen dan patch management. Sementara training penting untuk perubahan jangka panjang, berpartisipasi dalam kebersihan IT dapat membantu melindungi bisnis kecil.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments