Apple Perbaiki 223 Celah di MacOS, iOS dan Safari

Apple Perbaiki 223 Celah di MacOS, iOS dan Safari

Apple diawal minggu ini merilis update terbaru untuk jajaran produk software besutannya yang termasuk macOS Sierra, iOS, Safari, watchOS dan tvOS. Dimana update terbaru ini memperbaiki total 223 bugs di semua platform tersebut.

Lebih dari seperempat total bugs ini, 40 didalam macOS Sierra, dan 30 di iOS, dapat menyebabkan arbitrary code execution, dalam beberapa kasus dengan hak akses root, Apple memperingatkan.

Versi terbaru macOS Sierra 10.12.4 memperbaiki total 127 celah, yang dirilis pada hari senin, 27 Maret 2017.

Ian Bear, peneliti keamanan dari Google Project Zero, menemukan tujuh dari celah tersebut, termasuk enam celah yang bisa diaktifkan dari aplikasi untuk mengeksekusi kode arbitary dengan hak akses kernel. Celah ini diklaim mempengaruhi pada versi macOS Sierra hingga 10.12.3, dan iOS hingga 10.2.1. Update baru ini telah memperbaiki masalah ini, termasuk juga masalah memory corruption.

Salah satu celah yang diperbaiki juga pada update iOS terbaru ini adalah masalah pada versi mobile Safari ketika menangani pop up JavaScript. Peneliti dari Lookout Security menemukan bahwa hacker dapat memanfaatkan celah ini untuk mengelabui korbannya, dimana korban terkunci keluar dari Safari. Kode yang dibuat oleh hacker akan menciptakan pop up, yang akan terus looping tanpa akhir, yang akan berhenti jika korban membayar uang dalam bentu iTunes gift cards.

Apple juga memperbaiki 38 bugs, 23 bugs yang dapat menyebabkan arbitrary code execution di Safari. Bugs lainnya yang diperbaiki termasuk masalah yang dapat menyebabkan universal cross site scripting, exfiltration data cross-origin, application termination dan spoofing. Hampir semua bugs, 30 diantaranya, ada pada Webkit, web browser engine yang digunakan oleh Safari.

Dan juga Apple merilis update baru untuk memperbaiki beberapa bugs yang ada pada sistem operasi smart TV, tvOS, dan juga sistem operasi smart watch, watchOS.

Jika kamu menggunakan perangkat macbook, iPhone, iPad, Apple Watch dan Apple TV, kamu harus segera mengupdate sistem operasi yang digunakannya menjadi versi yang paling baru.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

 

Comments

comments