8 Tips Menjaga Gigi Tetap Sehat dan Kuat

8 Tips Menjaga Gigi Tetap Sehat dan Kuat

Apakah kamu ingin menjaga gigi kamu agar selalu sehat dan kuat? Berikut ini adalah 8 Tips Menjaga Gigi Tetap Sehat dan Kuat.

1. Nutrisi

Apa yang kamu masukan ke dalam mulut dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi. Memilih makanan yang tepat saat muda dapat sangat bermanfaat menjaga gigi tetap sehat dan kuat sepanjang hidup. Mulut kita dipenuhi dengan kuman dan bakteri (plak) yang berkembang dari pati dan gula yang dihasilkan oleh makanan yang kita makan. Jika kita tidak membersihkan plak maka asam akan diproduksi, dimana asam ini akan menyerang enamel dan akhirnya menyebabkan pembusukan. Memilih makanan yang rendah gula dan pati akan mengurangi asam yang dihasilkan.

2. Bersihkan Dengan Air

Pada saat liburan seperti ini banyak sekali makanan dan minuman yang mengandung gula. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa gula dapat menyebabkan kerusakan gigi. Untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat setiap kali kamu makan atau minum yang mengandung gula, kamu harus membersihkannya dengan minum air putih.

3. Kurangi Makan Snack

Yang paling penting adalah kamu mengurangi untuk mengkonsumsi makanan ringan dan juga minuman terutama yang manis-manis. Minum satu gelas air sebelum makan, karena air dapat menciptakan perasaan kenyang sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan.

4. Rutin Gosok Gigi

Untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat, kamu harus menggosok gigi setidaknya selama dua menit, sehabis kamu makan. Jika kamu melihat ada sisa makanan yang menempel di sikat gigi pada saat selesai menggosok gigi, ulangi lagi menggosok gigi sampai gigi kamu terlihat bersih.

5. Gunakan Sikat Gigi Yang Lembut

Pastikan kamu untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut, dan juga menggosok gigi dan gusi secara perlahan. Kamu tidak perlu menggosok gigi dengan menggunakan kekuatan untuk membersihkan plak. Cukup dengan menggunakan gerakan memutar agar menjaga gigi tetap sehat dan kuat.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

6. Ganti Sikat Gigi Secara Berkala

Mengganti sikat gigi kamu secara berkala merupakan salah satu hal penting untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat. Ganti sikat gigi setidaknya setiap 3 bulan sekali, atau sebulan sekali lebih baik. Mulut kita penuh dengan bakteri, yang mana akan berpindah ke sikat gigi setiap kali kita menggunakannya.

7. Jangan Menggunakan Gigi Sebagai Alat

Maksudnya jangan menggunakan gigi untuk membuka botol atau bungkus makanan misalnya, atau menggunakan gigi untuk memotong kuku. Gigi hanya untuk makan dan tersenyum.

8. Kunjungi Dokter Gigi

Kamu harus rutin untuk mengunjungi dokter gigi, yang dianjurkan adalah minimal 6 bulan sekali. Hal ini untuk mencegah, mendeteksi secara dini bila ada kelainan dan mendapatkan perawatan gigi segera sebelum keadaan menjadi parah.

Comments

comments