8 Manfaat Renang yang Mungkin Kamu Belum Tahu

8 Manfaat Renang yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Banyak yang mengatakan bahwa berenang merupakan latihan yang sempurna. Dengan melakukan renang, kamu bisa mendapatkan semua manfaat latihan aerobik tanpa ada dampak merusak sendi, dan bisa dilakukan oleh semua orang baik tua maupun muda. Olahraga renang juga bisa dibilang murah, karena tidak membutuhkan peralatan yang mahal, hanya mungkin kalau disini kita harus membayar tiket masuk ke kolam renangnya saja.

Pada post kali ini saya akan membahas 8 manfaat renang yang mungkin kamu belum tahu sebelumnya.

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Perenang mendapatkan kekuatan otot di seluruh tubuhnya, sedangkan pelari hanya membangun otot di kaki mereka aja. Renang memanfaatkan lebih banyak kelompok otot untuk bergerak di air.

2. Meningkatkan Masa Tulang

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology, renang dapat meningkatkan masa tulang, sehingga dapat terhindari dari osteoporosis.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

3. Membantu Tetap Fleksibel

Berenang mengharuskan kamu untuk meregang, memutar dan menarik tubuh setiap kali kamu jalan melalui air. Pergelangan kaki menjadi sirip dan diregangkan dengan setiap tendangan untuk mendorong tubuh. Peregangan yang berulang dapat meningkatkan fleksibilitas kamu.

4. Berenang Mengurangai Peradangan

Manfaat renang yang mungkin kamu belum tahu adalah bahwa olahraga ini dapat membantu mengurangi peradangan. Berenang dapat memperkuat otot jantung, dan menurut penelitian berenang juga dapat mengurangi peradangan yang menyebabkan aterosklerosis terbentuk dijantung. Mengurang peradangan di jantung dapat menyebabkan perkembangan penyakit berkurang di banyak area lainnya.

5. Renang Membakar Kalori

Semuanya pasti sudah tahu kalau salah satu manfaat renang adalah untuk membakar kalori. Tetapi yang kebanyakan tidak menyadarinya adalah efisiensinya bisa sama seperti berlari di treadmill. Dan bahkan berenang bisa membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan berlari.

6. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Berenang tidak hanya dapat meringankan gejala asma, penelitian menunjukan bahwa sebenarnya berenang dapat memperbaiki keseluruhan kondisi paru-paru.

7. Berenang Mengurangi Stres

Manfaat berenang lainnya adalah dapat menurunkan tingkat stres. Selain melepas hormon kebahagian, renang juga dapat memberikan respon relaksasi seperti melakukan yoga.

8. Berenang Membuat Kamu Tambah Pintar

Peneliti dari Australia fokus pada anak yang mengambil kelas renang dibandingkan dengan grup anak yang tidak mengambil kelas renang. Hasilnya menunjukan bahwa anak yang secara reguler ikut kelas renang mampu menguasai bahasa lebih baik, meningkatnya kemampuan motorik, kepercayaan diri dan perkembangan fisik lebih cepat.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments