8 Manfaat Jantung Pisang Yang Harus Kamu Tahu

8 Manfaat Jantung Pisang Yang Harus Kamu Tahu

Pisang merupakan buah yang tumbuh subur di negara tropis termasuk di Indonesia. Buah pisang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, dan juga merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral terutam a kalium.

Namun tahukah kamu ternyata tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, jantung pisang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah 8 manfaat jantung pisang.

1. Manfaat Jantung Pisang – Mengobati Infeksi

Jantung pisang memiliki senyawa yang disebut ethanol, yang kita tahu merupakan bahan anti-mikroba dan banyak digunakan untuk mengobati masalah seperti luka, infeksi kuli selama ratusan tahun. Ethanol dapat digunakan untuk membunuh bakteri, dan juga efektif dalam mengurangi resiko tertular penyakit parasit yang ditularkan seperti malaria.

2. Manfaat Jantung Pisang – Memperlambat Proses Penuaan

Jantung pisang juga kaya akan vitamin C dan senyawa seperti tannin dan flavonoid, yang merupakan bahan antioksidan. Antioksidan sangat penting bagi kesehatan tubuh karena dapat mengurangi stres pada sel di dalam tubuh dan dapat membantu memperlambat proses penuaan.

3. Manfaat Jantung Pisang – Meningkatkan Kesehatan Jantung

Di banyak negara di dunia termasuk di Indonesia, penyakit jantung terus menjadi penyebab nomor satu kematian. Namun, diet kaya kalium telah terbukti dapat melindungi jantung. Dan jantung pisang merupakan sumber yang sangat bagus. Kalium bekerja pada tubuh seperti obat penawar virtual, cara alami untuk mengurangi tekanan darah dan faktor resiko utama penyakit jantung.

4. Manfaat Jantung Pisang – Memperbaiki Pencernaan

Untuk orang yang memiliki pencernaan yang kurang baik, dengan perut yang selalu mulas, sakit perut, konstipasi, jantung pisang sangat baik dijadikan pilihan makanan untuk memperbaiki masalah pencernaan tersebut. Karena memiliki serat larut (yang mempercepat pencernaan dan membuatnya lebih efisien) dan serta tidak larut (mengurangi resiko konstipasi). Keduanya dapat membantu mengobati banyak masalah pencernaan.

5. Manfaat Jantung Pisang – Untuk Relaksasi

Stres sudah menjadi bagian yang tidak bisa dihindari dari kehidupan modern. Namun jantung pisang dapat membantu untuk menguranginya. Bunga ini kaya akan magnesium, yang bekerja di dalam tubuh untuk merelaksasi secara alami dan membantu untuk tidur lebih nyenyak. Tidur yang nyenyak merupakan salah satu cara penting untuk mengurangi stres.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

6. Manfaat Jantung Pisang – Mendukung Kesehatan Menstruasi

Banyak wanita yang menderita akibat menstruasi yang tidak teratur, penyebab umum dari masalah ini adalah tingkat progesteron yang rendah. Jantung pisang dapat membantu karena bunga ini dapat meningkatkan kadar progesteron di dalam tubuh dan mengatur hormon wanita sehingga siklus menstruasi lebih teratur.

7. Manfaat Jantung Pisang – Menstabilkan Gula Darah

Orang yang memiliki diabetes harus benar-benar berjuang dari hari ke hari untuk menjaga kada gula darah menjadi tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jantung pisang sangat tinggi serat, yang dapat membantu tubuh memecah makanan lebih lambat dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan kerusakan saraf.

8. Manfaat Jantung Pisang – Mengobati Anemia

Anemia adalah kondisi yang sangat serius dimana tubuh tidak mampu membuat sel-sel darah merah yang cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Tubuh membutuhkan zat besi untuk melakukan ini dan itu, dimana jantung pisang juga kaya akan zat besi. Zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel-sel darah merah. Jantung pisang bersama dengan diet kaya zat besi, dapat membantu mengobati anemia secara alami dan membangun energi tubuh.

 

Comments

comments