7 Cara Mengurangi Resiko Serangan Jantung

7 Cara Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan banyak kematian di dunia baik pada pria maupun wanita. Serangan jantung dapat menyerang tanpa bahkan kita tahu bahwa kita memiliki penyakit jantung. Jadi mengurangi resiko terkena serangan jantung dapat dilakukan dengan mempraktekan tujuh gaya hidup sehat dibawah ini.

1. Jangan Merokok

Jangan pernah mencoba untuk merokok, jika kamu perokok, stop mulai sekarang. Kebiasaan tidak sehat menghisap rokok dapat merusak organ tubuh, dan jantung salah satunya. Merokok juga menyebabkan penumpukan plak dan penyempitan arteri, yang menyebabkan penyakit jantung koroker atau PJK.

2. Pantau Tekanan Darah

Pantau tekanan darah karena tekanan darah tinggi atau hipertensi, dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan menyebabkan serangan jantung. Jaga agar tekanan darah kamu normal, terutama jika kamu kelebihan berat badan. Hindari makanan yang terlalu banyak garam, dan jaga dengan pola makan sehat. Tekanan darah normal adalah sekitar 120/80 mmHg.

3. Diet Sehat

Makanlah makanan sehat terutama untuk jantung. Konsumsi sayuran hijau dan buah-buahan, daging rendah lemak dan unggas, kacang-kacangan dan biji-bijiam, kacang kedelai, dan minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak jagung, minyak saffflower dan minyak canola. Jauhi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan yang banyak karbohidrat dan gula. Buat rencana makanan rendah karbohidrat dan gula untuk mencegah diabetes. Karena diabetes dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Juga hindari minuman beralkohol.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

4. Dinginkan Amarahmu

Kemarahan menjadi faktor utama yang menyebabkan stress, dan stress yang dibawa oleh amarah dapat menyebabkan serangan jantung. Banyak orang yang mengkonsumsi alkohol atau merokok untuk mengusir stress, namun itu semua malah meningkatkan resiko penyakit jantung. Solusi untuk mengatasi stress bisa dengan berolahraga, terapi relaksasi atau lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

5. Tetap Aktif

Selalu aktif dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Tetap bergerak untuk menjaga tekanan darah dan kolesterol tetap rendah. Olahraga yang sering dapat melindungi diri kita dari penyakit lain seperti diabetes, dan mengontrol berat badan.

6. Kurangi Berat Badan

Jika kamu memiliki berat badan yang berlebih, cobalah untuk menurunkan berat untuk mengurangi resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

7. Cegah Kolesterol

Hindari makanan dengan kolesterol jahat yang tinggi untuk mencegah penumpukan plak di arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung. Baca setiap label makanan yang anda mau makan, lihat kadar kolesterolnya, pastikan dibawah 200 mq / dL. Jika lebih tinggi dari itu kamu harus konsultasikan hasilnya ke dokter.

Comments

comments