8 Alasan Pindah ke Linux Sekarang Juga

8 Alasan Pindah ke Linux Sekarang Juga

Proyek Linux diperkenalkan oleh sang pembuat Linux, Linus Torvalds pada 25 Agustus 1991. Seiring waktu, Linux berhasil mendapatkan tempat terhormat pada dunia open source. Dan saat ini sudah banyak sekali distro Linux yang bisa gunakan.

Kali ini saya akan membahas 8 alasan kenapa kamu harus pindah ke Linux saat ini juga.

1. Pindah ke Linux – Gratis

Kebanyakan distro Linux dapat kita gunakan gratis, meski ada beberapa yang berbayar namun biayanya terbilang sangat murah. Daripada kamu menggunakan Windows bajakan, mending kamu memilih Linux. Karena ada juga distro Linux seperti Zorin yang menawarkan kompatibilitas dengan software Windows.

2. Pindah ke Linux – Lebih Aman

Windows merupakan sistem operasi yang sangat popular, sehingga wajar saja menjadi target utama dari serangan virus maupun serangan lainnya.

Jika ingin sistem operasi yang aman bisa memilih Linux, ada beberapa distro Linux yang fokus pada keamanan seperti Tails, Kali dan lainnya.

3. Pindah ke Linux – Mudah Digunakan

Sistem operasi Linux kini lebih mudah digunakan. Sekarang sudah banyak distro Linux yang menawarkan tampilan antarmuka yang simpel, cantik dan mudah untuk digunakan. Seperti Zorin, Elementary OS, Solus dan lainnya.

4. Pindah ke Linux – Kompatibilitas

Sistem operasi Linux dapat digunakan di komputer masa kini, bahkan juga dapat digunakan pada komputer jadul. Ada banyak distro Linux ringan yang bisa dijalankan pada hardware komputer yang sudah jadul.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

5. Pindah ke Linux – Software Repository

Sistem operasi Linux memiliki store-nya sendiri, dimana kamu bisa mencari software tertentu untuk kamu pasang di komputer Linux kamu. Dari sini kamu juga bisa mengecek update software secara berkala.

6. Pindah ke Linux – Update Regular

Seperti sistem operasi lainnya, distro Linux juga secara berkala akan diupdate. Entah untuk menambahkan fitur baru, mengupdate komponen atau memperbaiki bugs.

7. Pindah ke Linux – Driver Sudah Tersedia di Linux

Agar hardware yang ada di komputer kita dapat berjalan diperlukan yang namanya driver. Linux menyediakan berbagai driver untuk mendukung hardware yang ada di komputer kamu, seperti: Layar, Wi-Fi, Bluetooth, touchpad, graphic card, audio dan masih banyak lagi.

8. Pindah ke Linux – Komunitas Yang Besar

Linux memiliki komunitas yang sangat besar, dan kamu tidak perlu susah-susah mencarinya. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa komunitas Linux. Kamu bisa bergabung dengan komunitas ini untuk mencari ilmu baru dengan komunikasi yang lebih lancar, karena sama-sama menggunakan bahasa Indonesia.

 

Comments

comments