7 Manfaat Beras Hitam

7 Manfaat Beras Hitam

Beras merupakan bagian penting dari makanan di Asia, beras atau nasi telah menjadi topik pembicaraan panas antara penggemar kesehatan dan kebugaran. Beberapa menyarankan untuk menghindari nasi sama sekali, sementara beberapa saran lebih baik beralih ke alternatif yang lebih sehat seperti beras merah, beras coklat dan beras hitam. Di antara yang lebih sehat ini, banyak ahli gizi yang merekomendasikan varian beras hitam.

Manfaat beras hitam telah diketahui sejak jaman China Kuno, dimana varian beras ini dikonsumsi untuk memperbaiki ginjal, perut dan hati, sampai beberapa bangsawan China mulai menguasainya dan menahannya. Beras hitam kemudian menjadi milik bangsawan dan hanya mereka yang boleh mengkonsumsinya, dan terus dibudidaykan tapi hanya untuk kelas elit, dalam jumlah yang terbatas dan di bawah pengawasan ketat. Rakyat biasa dilarang untuk menanamnya atau mengkonsumsinya, sehingga varian beras ini dikenal juga sebagai beras terlarang.

Tetapi sekarang varian beras ini sudah tidak lagi terlarang, siapa saja dapat menanam dan mengkonsumsinya. Beras ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat beras hitam bagi tubuh kita?

1. Kaya Antioksidan

Beras hitam kaya dengan antioksidan, sama seperti blackberry dan blueberry, semakin gelap warnanya semakin tinggi kandungan anti oksidannya. Lapisan terluar dari beras ini mengandung antioksidan yang bernama anthicyanin.

Anthocyanin dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, membatasi gerakan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes dan bahkan kanker. Juga dapat membantu memperbaiki fungsi otak dan mengurangi peradangan.

2. Detoksifikasi Alami

Fitonutrien yang hadir dalam beras hitam membantu membersihkan tubuh dari penyakit yang menyebabkan racun (yang disebabkan oleh radikal bebas). Beras ini dapat membantu hati menghilangkan zat yang tidak diinginkan melalui aktivitas antioksidannya.

3. Sumber Serat

Beras hitam memiliki sekitar 3 gram serat per setengah cangkir sajian. Kandingan serat yang kaya mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, diare dan kembung. Serat membantu mengikat racun di dalam saluran pencernaan, dan mengeluarkannya melalui siklus pencernaan.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

4. Mencegah Resioko Diabetes

Seperti yang sudah disebutkan di atas, beras hitam kaya akan serat. Serat mampu membantu glukosa untuk diserap tubuh selama durasi yang lebih lama, karena serat paling lama dicerca, dengan demikian dapat menjaga kadar gula secara konsisten.

5. Menjaga Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam beras ini, dicerna lebih lama, sehingga dapat membuat perut kenyang dalam waktu yang lebih lama. Beras ini cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

6. Kaya Protein

Beras hitam mengandung 8,5 gram protein dalam 100 gram penyajian, lebih tinggi dibandingkan dengan beras coklat, beras merah dan apalagi beras putih.

7. Kesehatan Jantung yang Lebih Sehat

Mengkonsumsi beras hitam memiliki dampak positif untuk kesehatan karena dapat mengontrol kolesterol. Anthocyanin, dapat mengurangi kolesterol LDL yang dikenal sebagai kolesterol jahat, yang menjadi kontributor umum bagi penyakit jantung. Beras ini dapat menurunkan total kadar kolesterol.

Beras hitam memang lebih mahal dibandingkan dengan beras putih, tetapi sebaiknya kamu jangan sayang untuk mengeluarkan lebih banyak uang, mengingat manfaat beras hitam yang sangat banyak bagi tubuh kita.

Comments

comments