7 Cara Pintar Menggunakan Kamera Smartphone

7 Cara Pintar Menggunakan Kamera Smartphone

Kamera smartphone semakin hari semakin canggih dan mampu mengambil foto dengan kualitas yang juga semakin bagus. Kamera menjadi salah satu amunisi andalan yang digembar-gemborkan oleh pembuat smartphone untuk mempromosikan smartphone buatannya. Bagi yang senang bernarsis-ria tentunya hal ini yang membuat mereka memilih smartphone tertentu. Tidak hanya untuk bernarsis-ria kamera smartphone dapat digunakan dengan lebih pintar untuk mempermudah aktifitas kamu sehari-hari.

1. Menerjemahkan Bahasa

Buat kamu yang suka traveling ke luar negeri, pastinya kamu tidak lupa untuk bernarsis-ria terutama di tempat-tempat terkenal. Selain itu kamu bisa memanfaatkan kamera yang ada di smartphone untuk menerjemahkan teks yang tidak kamu mengerti.

Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan adalah Google Translate, kamu cukup membuka aplikasi tersebut, ambil foto teks yang kamu ingin terjemahkan, dan Google Translate akan segera menerjemahkannya untuk kamu. Kamu juga bisa memanfaatkannya ketika membaca buku atau membaca bacaan lainnya.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

2. Men-scan dokumen

Jika kamu sedang membuat makalah atau skripsi, pastinya harus mengutip dari banyak buku. Ada cara pintar untuk mempermudah kamu dengan menggunakan kamera smartphone. Ada beberapa aplikasi yang memanfaatkan teknologi optical character recognition (OCR) untuk mengenali tulisan dari foto yang kamu ambil.

Ada aplikasi yang bernama ABBY TextGrabber yang tersedia untuk Android dan iOS, aplikasi ini berbayar sekitar Rp13.000 atau yang gratis ada Google Goggles. Kamu bisa mengambil foto dari tulisan yang ada dibuku, kemudian aplikasi ini akan mengubahnya menjadi teks dan kamu bisa mengeditnya.

3. Membaca Barcodes

Kamera smartphone juga dapat digunakan untuk membaca barcode, banyak aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengubah kamera menjadi barcode reader. Hal ini sangat berguna ketika kamu berbelanja dan ingin mengetahui informasi produk, kamu tinggal men-scan barcode-nya saja.

4. Menyimpan berbagai informasi penting

Buat kamu yang suka lupa, kamera smartphone bisa saja membantu. Misalnya saja kamu bisa menyimpan foto KTP, kartu asuransi, kartu rumah sakit, kartu kredit dan lainnya. Jika kamu lupa membawa dompet dan membutuhkan kartu-kartu tersebut, kamu bisa melihat foto-fotonya.

Tidak hanya itu saja kamu bisa menyimpan berbagai informasi penting lainnya seperti misalnya nomor plat kendaraan, dan informasi penting lainnya yang kamu anggap penting. Kamu bisa membuat folder khusus untuk foto-foto ini dan menyembunyikan atau menguncinya dengan aplikasi tertentu.

5. Mengubah kartu nama menjadi kontak telepon

Kartu nama memang keren, tetapi untuk menyimpannya membutuhkan tempat khusus dan bisa membuat dompet kamu tebal. Ada cara pintar untuk menyimpan informasi penting ini, dimana kamu bisa memanfaatkan kamera pada smartphone.

Ada banyak aplikasi yang juga memanfaat teknologi OCR untuk mengubah kartu nama menjadi kontak telepon. Salah satunya adalah CamCard, yang bisa kamu download gratis.

6. Mengamati bintang

Kapan terakhir kali kamu mengamati bintang di langit? Ada cara asik untuk mengamati bintang dengan menggunakan kamera yang ada pada smartphone. Download aplikasi Google Skyview untuk Android dan iOS.

Aplikasi ini menggunakan teknologi augmented reality, dan menggunakan kamera yang ada pada smartphone untuk mengenali objek yang ada di langit. Mencari tahu bintang yang bersinar terang itu adalah bintang atau planet. Dan juga mencari informasi lainnya.

7. Bermain game

Teknologi augmented reality memungkinkan kamu bermain game dengan menggunakan kamera smartphone. Dan sekarang yang sedang booming di Indonesia adalah Pokemon Go. Kedepannya pasti bakalan hadir game dengan teknologi AR yang lebih seru.

Comments

comments