7 Cara Mengembalikan Akun Media Sosial Yang Dihack

7 Cara Mengembalikan Akun Media Sosial Yang Dihack

Akun media sosial kita dihack memang sangat mengesalkan, tidak hanya membuat masalah untuk kita sendiri tetapi juga dapat menimbulkan masalah ke semua teman. Misalnya saja ada banyak kasus yang terjadi dimana akun media sosial dihack, kemudian mengirim pesan yang tidak-tidak ke semua teman kita dan bahkan ada yang berani untuk minta transfer uang.

Jika akun media sosial kamu dihack, tidak perlu panik dan coba ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengembalikan akun media sosial kamu yang dihack.

Bagaimana Kita Tahu Akun Media Sosial Kita Dihack?

Ada beberapa cara untuk mengetahui akun media sosial kamu dihack, seperti:

  1. Kamu menerima kabar dari teman, bahwa akun media sosial kamu mengirimkan pesan yang tidak kamu kirim.
  2. Kamu sadar ada beberapa perubahan pada setting dan informasi, yang tidak kamu lakukan,
  3. Kamu tidak bisa login ke akun medua sosial.

Setelah kamu yakin akun media sosial kamu dihack, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengembalikan akun media sosial kamu.

Cara Mengembalikan Akun Media Sosial Yang Dihack

1. Scan Komputer atau Smartphone Dengan Aplikasi Anti-Virus

Sebelum melakukan langkah selanjutnya, yang harus kamu lakukan adalah men-scan perangkat yang kamu gunakan apakah bersih dari virus, malware, spyware dan aplikasi berbahaya lainnya. Karena program berbahaya ini bisa saja mendapatkan berbagai informasi termasuk informasi akun media sosial.

2. Cek Setting

Setelah memastikan virus, malware atau sejenisnya sudah tidak ada lagi diperangkat yang kamu gunakan, selanjutnya adalah mulai langkah prosedural. Jika kamu masih dapat mengakses akun media sosial kamu, coba cek setting dan pastikan dia yang membobol akun kamu tidak mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan untuk langkah selanjutnya yakni mengganti password.

3. Mengganti Password

Jika kamu masih bisa mengakses akun media sosial kamu, dan kamu yakni telah dihack, maka harus buru-buru mengganti password-nya. Dan pastikan dia tidak akan mendapat notifikasi tentang perubahan password ini. Dan juga sekarang kamu harus membuat password yang lebih sulit untuk ditebak.

4. Hubungi Contact Support atau Bantuan

Biasanya yang membobol akun media sosial kita akan langsung mengganti password sehingga kita tidak bisa masuk. Media sosial seperti Facebook¬†menyediakan Bantuan dengan salah satu pertanyaan “Saya tidak bisa masuk.” Pilih memulihkan akun anda, lalu akan muncul pilihan untuk mengganti password dengan mengklik link yang akan dikirim ke email atau nomor hp.

Masing-masing layanan media sosial memiliki Bantuan atau Support untuk mengatasi masalah ini.

5. Tidak Bisa Login

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Biasanya si pembobol selain mengganti password juga akan mengganti username, jika ini yang terjadi kamu harus menghubungi contact support dari media sosial yang kamu gunakan. Kamu jelaskan apa permasalahan yang sedang kamu hadapi, dan kamu akan diminta untuk membuktikan bahwa kamu adalah pemilik sah dari akun tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu akun Instagram kamu dihack dan kamu ingin mengembalikannya, pihak Instagram akan menanyai seputar foto yang kamu upload. Jika memang benar kamu pemilik sah dari akun media sosial ini, maka tentunya kamu akan tahu mengenai foto tersebut.

6. Blokir Si Pembobol

Ketika kamu meminta bantuan kepada pihak penyedia media sosial, kamu juga bisa untuk meminta mereka untuk memblokir orang yang membobol akun kamu. Minta kepada mereka untuk me-logout semua orang yang login dengan akun kamu. Dan si pembobol tidak akan bisa lagi login ke akun media sosial kamu.

7. Beritahukan Teman Mengenai Masalah Ini

Beritahukan kepada semua teman-teman kamu, jika akun media sosial kamu dihack. Jadi teman-teman kamu akan siaga jika si pembobol ini mengirim pesan yang tidak-tidak seperti menyebar fitnah, mengirim scam, minta transfer, hingga mengirim malware yang juga dapat membobol akun teman kamu. Beritahukan kepada teman-teman kamu untuk tidak membuka pesan yang mencurigakan yang dikirim dari akun kamu.

 

Comments

comments