7 Cara Instan Mengurangi Stres

7 Cara Instan Mengurangi Stres

Stres dapat hadir di dalam kehidupan kamu kapan saja tanpa diundang, namun dengan tingkat intensitas yang bervariasi. Stres bisa muncul dari perbincangan yang dilakukan atau dipicu oleh kejadian tertentu atau masalah yang terjadi di dalam kehidupan kita. Apapun pemicu stres, jika dibiarkan terpendam lama dan terakumulasi, sangat tidak baik bagi tubuh kita dan bisa menjadi pemicu berbagai penyakit.

Secara psikologi, stres muncul sebagai respon tubuh kita terhadap situasi yang mengancam. Ketika kita merasa terancam, sistem saraf merespon dengan melepas hormon stres seperti adrenalin dan kortisol. Hal tersebut merupakan cara tubuh melindungi kita untuk melawan respon stres melalui “hadapi atau lari.” Dalam situasi darurat stres dapat membantu kita waspada, energik dan dapat memberikan kekuatan super ketika kita dalam bahasa besar.

Namun berada pada situasi yang selalu membuat stres dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan sistem saraf dan kelelahan. Jika kamu merasa dada kamu sesak dan merasa kewalahan, cobalah 7 cara dibawah ini untuk mengurangi stres.

1. Mengurangi stres dengan bernapas

Pikiran kamu sangat berhubungan dengan napas kamu. Jika kamu merasa sesak di dada, kamu sedang memiliki perasaan khawatir atau merasa gelisah, ataupun merasa marah maka napas kamu juga menjadi terlalu cepat dan tidak beraturan. Kendalikan napas kamu untuk menyeimbangkan pikiran, tarik napas selama lima detik, lalu tahan napas selama lima detik, dan buang napas selama limat detik. Ulangi sampai pikiran kamu kembali tenang.

2. Cool down

Cool down atau mendinginkan pikiran kamu akan mengembalikan energi dan memungkinkan kamu mengambil aksi yang lebih terkendali. Ada teknik yoga yang bisa digunakan untuk mendinginkan pikiran dan tubuh, shitali pranayam.

Buka mulut kamu sedikit, lipat lidah kamu lalu julurkan hingga melewati bibir, lalu tarik napas dari mulut dan keluarkan lewat hidung. Jika tidak bisa melipat lidah, kamu bisa bernapas dengan bibir membentuk huruf O. Lakukan hal ini selama 2 – 3 menit.

3. Mengurangi stres dengan olahraga

Jika pekerjaan kamu membuat kamu stres, sehabis selesai bekerja kamu bisa berolahraga untuk menenangkan pikiran. Kamu bisa sekedar berjalan ringan, lari atau bersepeda, atau juga pergi ke gym atau ikut kelas yoga. Pada saat dikantor kamu juga bisa berolahraga ringan dengan gerakan yang simpel, kamu bisa melihatnya di YouTube. Berolahraga akan melepas hormon seperti adrenalin dan endorphine yang akan membuat kamu merasa baik.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

4. Mendengarkan musik

Musik memiliki kekuatan yang dapat mengubah energi baik ini meningkatkannya atau malah menurunkannya. Pilih musik dengan lirik dan beat yang sesuai dengan energi tubuh kamu. Jika sedang stres pilih musik dengan lirik yang positif yang dapat membuat kamu bangkit lagi.

5. Mandi air dingin

Selain dapat mengurangi stres, mandi air dingin dapat membuka kapiler yang akan menormalkan tekanan darah. Mandi air dingin juga dapat merangsang sekresi sehat dari sistem kelenjar, yang dapat membuat kulit tampak bersinar dan membuat kimia darah menjadi lebih sehat. Untuk melakukan mandi air dingin, dimulai dengan menyiramnya dari kaki, tangan dan lengan.

6. Minum green smoothie

Dapatkan tambahan booster mental dengan minum green smoothie. Minuman ini memiliki semua nutrisi yang baik dari sayuran dan buah yang menjadi isi darinya. Green smoothie juga dapat meningkatkan sistem imun, membuat hal yang tidak sehat (yang disebabkan oleh stres), dan memberikan otak lebih banyak energi. Coba kangkung, bayam, jahe dan lemon dengan tambahan pisang dan blueberry.

7. Piknik

Sesekali kamu harus meluangkan waktu dan juga uang untuk piknik atau pergi liburan. Kamu bisa jalan-jalan di pantai sambil mendengarkan suara ombak, berjalan-jalan di kebun teh, mendengarkan suara air terjun, atau pergi naik gunung.

Buat-Website-150x100

Comments

comments