6 Organisasi Rahasia Yang Menjalankan Internet

6 Organisasi Rahasia Yang Menjalankan Internet

Melalui internet menghubungkan miliaran perangkat dan pengguna, namun tidak ada satupun organisasi yang mengontrol jaringan yang luar biasa besar ini. Meski demikian ada beberapa organisasi dibalik internet yang membantu operasi internet berjalan lancar.

Organisasi non-profit inilah yang pada dasarnya menjadi alasan kita tahu siapa atau dimana kita berada di Internet. Berikut ini adalah 6 organisasi yang berjalan rahasia dibalik operasional internet. Sebenarnya bukan rahasia, tetapi banyak pengguna internet yang mungkin sama sekali belum pernah mendengar organisasi ini. Dan bukan Google atau Facebook.

1. International Telecomunication Union (ITU)

ITU juga bertanggung jawab untuk frekuensi radio yang digunakan di bumi, dan juga di luar angkasa. Tanpa mereka, satelit mungkin akan bertabrakan satu sama lain. ITU mengkoordinasikan penggunaan spektrum radio global secara keseluruhan, mempromosikan kerja sama internasional dalam menugaskan orbit satelit, bekerja untuk memperbaiki infrastruktur telekomunikasi di negara berkembang, dan membantu pengembangan dan koordinasi standar teknis di seluruh dunia. ITU aktif di berbagai bidang termasuk internet broadband, teknologi nirkabel generasi terbaru, navigasi aeronautika dan maritim, astronomi radio, meteorologi berbasis satelit, konvergensi telepon fixed-mobile, akses Internet, data, suara, siaran TV, dan generasi jaringan berikutnya.

2. Internet Society (ISOC)

Internet Society merupakan organisasi non-profit yang didirikan pada tahun 1992, untuk menghadirkan leadership dalam standar internet, edukasi, akses, dan aturan. Misi dari ISOC adalah untuk mempromosikan pengembangan terbuka, evolusi, dan penggunaan dari internet untuk memberikan manfaat bagi semua orang di seluruh dunia. Organisasi ini membawahi Internet Architecture Board (IAB).

Jangan lupa klik banner di bawah ini

3. Internet Architecture Board (IAB)

IAB merupakan organisasi internet yang menjadi pengawas dalam evolusi teknologi internet. Organisasi ini membawahi Internet Engineering Task Force (IETF), yang bekerja mengembangkan teknologi internet saat ini dan TCP / IP, dan juga Internet Research Task Force (IRTF) yang bekerja mengembangkan teknologi jaringan.

4. Internet Engineering Task Force (IETF)

IETF bekerja untuk mengembang standar internet termasuk juga Internet protocol (TCP / IP). IETF membawahi banyak working groups, dimana masing-masing membahas topik dan mengerjakan tugas tertentu. Working group ini dibagi ke dalam beberapa area yang memiliki subjek masing-masing seperti: Application, General, Internet, Operation and Management, Real-time Application and Infrastructure, Routing, Security, dan Transport.

5. Internet Research Task Force (IRTF)

IRTF fokus dalam penelitian jangka panjang terkait masalah yang berhubungan dengan internet, sedangkan IETF lebih fokus pada masalah jangka pendek. IRTF mempromosikan penelitian yang sangat penting terkait dengan evolusi dari internet dengan membuat working group yang fokus pada topik yang berhubungan dengan protokol internet, aplikasi, arsitektur dan teknologi.

6. The Internet Corporation For Assigned Names and Numbers (ICANN)

ICANN merupakan organisasi non-profit yang bertanggung jawab untuk mengkordinasikan pemeliharaan dan prosedur beberapa database yang berkaitan dengan ruang nama di internet. Sebagian besar pekerjaannya menyangkut Domain Name System (DNS) global termasuk membuat kebijakan untuk internasionalisasi sistem DNS, pengenalan generic top-level domain baru, dan mengoperasikan root name server. Fasilitas penomoran yang ICANN kelola meliputi alamat IP untuk IPv4 dan IPv6, dan penugasan blok alamat ke Internet registries regional. ICANN juga mengelola registires dari Internet Protocol identifiers.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments