6 Manfaat Probiotik Tidak Hanya Untuk Pencernaan

Pasti kamu pernah mendengar istilah ‘probiotik‘? Saya mendengar istilah ini dari salah satu minuman yogurt yang berasal dari Jepang. Probiotik merupakan sesuatu yang sangat baik untuk perut kamu. Tetapi menurut penelitian probiotik memiliki manfaat lain selain untuk perut kamu saja. Berikut ini adalah 6 manfaat probiotik yang tidak hanya untuk pencernaan.

1. Manfaat Probiotik – Mengurangi Berat Badan

Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi probiotik secara rutin dapat meningkatkan pembakaran lemak. Mereka menemukan bahwa ketika kita meningkatkan jumlah bakteria baik tertentu di usus, tubuh akan kehilangan lebih banyak berat badan.

Penjelasan yang mungkin adalah bahwa peningkatan bakteri baik di usus menurunkan produksi peripheral serotonin, zat yang menghambat kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Karena zat tersebut diproduksi oleh bakteri jahat.

2. Manfaat Probiotik – Mengurangi Alergi

Percaya atau tidak, para ilmuwan menemukan bahwa anak-anak dengan alergi memiliki proporsi yang berbeda pada jumlah bakteri di usus. Dimana perbedaannya dengan anak-anak tanpa alergi adalah anak-anak dengan alergi memiliki bakteri baik laktobasilus dan bifidobacteria lebih rendah.

Peneliti menemukan bahwa dengan mengkonsumsi probiotik setiap hari dapat menurunkan kecenderungan genetik pengembangan alergi. Pasien eksim menunjukan perbaikan klinis dengan suplemen probiotik. Laktobasilus merupakan komponen utama dari probiotik, dan peneliti berteori peningkatan bakteri baik di usus dapat mengurangi alergi.

3. Manfaat Probiotik – Mencegah Mata Kering dan Iritasi

Jika dokter memberika antibiotik, mereka mungkin memperingatkan tentang efek samping. Efek samping ini dapat mencakup mata kering atau teriritasi, yang juga merupakan reaksi alergi ringan terhadap antibiotik.

Peneliti menemukan bahwa probiotik dapat menurunkan efek samping umum dari antibiotik, termasuk mata kering atau iritasi.

4. Manfaat Probiotik – Membuat Antibiotik Lebih Efektif

Mengkonsumsi probiotik sambil meminum antibiotik tidak hanya melindungi dari efek samping antibiotik, tetapi juga dapat meningkatkan efektivitas dari antibiotik itu sendiri. Penelitian memperlihatkan bahwa dengan melakukan hal ini, kita dapat melindungi usus dari superinfeksi yang disebabkan oleh antibiotik. Antibiotik dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri dalam usus, dan probiotik dapat membantu menjaga jumlah bakteri baik di usus.

Peneliti juga menemukan bahwa bakteri baik dalam probiotik dapat meningkatkan efetivitas antibiotik, karena mereka mengeluarkan molekus dalam lapisan lendir yang menyerang kuman. Probiotik juga dapat mengurangi diare yang disebabkan oleh antibiotik.

5. Manfaat Probiotik – Mengurangi IBS

Jika kamu menderita Irritable Bowel Syndrome (IBS), probiotik dapat membantu. Peneliti menemukan bahwa IBS disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri di dalam usus. Terlalu banyak bakteri jahat di dalam usus dapat menyebabkan sakit perut, yang merupakan gejala dari IBS.

Mereka menemukan bahwa pasien yang diberikan supplemen probiotik setiap hari mengalami penurunun pada gejala kembung. Penelitian ini juga menemukan bahwa bakteri baik dapat meningkatkan perlindungan dari salmonella.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

6. Manfaat Probiotik – Mengurangi Menenangkan Penderita Autis

Jika kamu mempunyai anak yang didiagnosis autis, probiotik dapat membantu mengatasi kondisi mereka. Peneliti menemukan bahwa anak autis lebih sering terkena diare dan konstipasi dari anak normal. Hal ini tentunya membuat mereka tidak nyaman. Minum probiotik setiap hari dapat menormalkan sistem pencernaan dan mengurangi konstipasi dan diare.

 

Comments

comments