6 Cara Melindungi Gadget Kamu Dari Orang Jahat

6 Cara Melindungi Gadget Kamu Dari Orang Jahat

Perkembangan gadget memang sangat menakjubkan, namun juga menempatkan tanggung jawab yang semakin berat untuk melindungi mereka. Karena data yang ada di dalamnya, semakin rentan. Orang bisa saja mencuri smartphone, mencuri laptop atau mencuri tablet untuk mendapatkan akses ke data yang penting yang kamu miliki.

Belum lagi, secara otomatis mereka bisa mendapatkan akses ke data personal kamu seperti akun media sosial, atau email pribadi melalui perangkat yang dicurinya. Untuk itu kamu harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi gadget yang kamu miliki baik dari pencurian fisiknya maupun pencurian data.

1. Gunakan Aplikasi Antivirus

Kamu perlu untuk memasang antivirus yang tepat, kamu bisa menggunakan aplikasi antivirus dari nama popular seperti Kaspersky, AVG, Avast, Eset, Comodo dan lainnya. Karena perangkat kamu selalu terhubung ke internet, yang penuh dengan virus, malware dan masih banyak cybercrime lainnya. Kebanyakan antivirus saat ini hadir dengan fitur keamanan yang terbilang lengkap, dan juga dapat dipasang pada perangkat smartphone.

2. Gunakan Password dan Kunci Keamanan Lainnya

Kamu harus selalu melindungi perangkat komputer, smartphone dan tablet kamu dengan password. Dan bahkan sekarang lebih canggih lagi, sudah ada banyak pabrikan yang menambahkan sistem keamanan biometrik dengan pengenal sidik jari, pengenal mata ataupun pengenal wajah. Gunakan untuk melindungi gadget yang kamu miliki.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

3. Gunakan Password Yang Kuat

Ketika kamu membuat akun untuk berbagai website dan aplikasi, pastikan kamu menggunakan password yang kuat dan juga berbeda-beda untuk setiap akun. Karena jika kamu menggunakan password yang sama, dan hacker tahu password kamu, maka dia bisa menggunakan password tersebut untuk membuka akun-akun lainnya. Untuk membuat password yang kuat kamu bisa menggunakan aplikasi password generating, kamu bisa mencarinya di Google.

4. Gunakan Aplikasi Anti-Theft

Untuk gadget dari Apple, iPhone dan iPad tidak perlu khawatir karena mereka melengkapinya dengan fitur iCloud. Untuk laptop Mac bisa menggunakan aplikasi Track My Mac. Untuk perangkat Android, kamu bisa menggunakan Android Device Manager, atau memasang aplikasi Antitheft.

Melalui fitur tersebut, kamu bisa melacak keberadaan gadget kamu, menguncinya, menyalakan alarm, hingga menghapus data.

5. Jangan Taruh Gadget di Tas Punggung

Jika kamu beraktifitas dengan angkutan umum seperti Transjakarta atau commuterline atau angkutan masal lainnya yang penuh sesak. Sebaiknya jangan menaruh benda berharga di tas punggung, atau kamu bisa menaruh tas punggung di depan sehingga kamu dapat mengawasinya.

6. Jangan Nyalakan Bluetooth dan Gunakan Wi-Fi Sembarangan

Yang pertama, jangan menyalakan Bluetooth (jika kamu tidak mentransfer data) karena bisa dimanfaatkan dengan resiko yang tidak diinginkan. Dan jika ingin menggunakan Wi-Fi public di tempat umum kamu harus melindunginya dengan menggunakan aplikasi VPN. Aplikasi ini bisa dipasang pada smartphone, tablet atau laptop. Untuk di smartphone atau tablet bisa menggunakan Opera VPN, jika dikomputer bisa menggunakan aplikasi web browser Opera.

 

Comments

comments