5 Tren Teknologi di Tahun 2017

5 Tren Teknologi di Tahun 2017

Secara personal saya benar-benar terpukau dengan bagaimana teknologi berkembang dengan sangat pesat. Dijaman saya SMA dulu, ponsel hanya sebatas untuk menelpon dan mengirim pesan saja dan juga koneksi internet sangat lambat masih menggunakan model dial-up.

Namun saat ini teknologi sudah jauh berkembang, ponsel kini sudah berevolusi menjadi smartphone dengan berbagai fitur canggih, dan juga koneksi internet telah menjadi sangat cepat dan berkembang berbagai macam produk pendukungnya.

Di tahun 2016 ini saja banyak sekali teknologi baru yang diperkenalkan, dan akan menjadi tren baru di tahun 2017 mendatang. Berikut ini adalah 5 tren teknologi yang akan menjadi tren di tahun 2017 mendatang.

1. IoT (Internet of Things)

Pastinya kita sudah sering mendengat istilah IoT (Internet of Things), merupakan berbagai macam perangkat yang terhubung ke jaringan internet dan memungkinkannya berkomunikasi satu sama lainnya.

Penggunaan IoT yang akan booming adalah sistem dari Smart Home, sudah banyak perusahaan teknologi raksasa yang mengembangkan teknologi Smart Home. Sang pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, bahkan mengembangkan sendiri sistem Smart Home di rumahnya.

Selain Smart Home, yang akan booming adalah Smart Vehicle (kendaraan cerdas). Seperti yang kita tahu bahwa sudah ada beberapa pabrikan mobil yang mengembangkan mobil yang bisa beroperasi tanpa pengemudi.

Selain itu IoT juga akan merambah industri lainnya seperti layanan kesehatan hingga ke pabrik.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

2. Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) teknologi berikutnya yang akan menjadi tren teknologi di tahun 2017. Raksasa teknologi seperti Google, Apple, Microsoft, Facebook dan lainnya berlomba-lomb membuat teknologi AI.

Bahkan sudah banyak aplikasi yang ada menggunakan teknologi AI seperti misalnya aplikasi asisten virtual: Siri dari Apple, Cortana dari Microsoft dan Alexa dan Amazon.

Kedepannya akan banyak machine learning, sistem canggih yang mampu untuk memahami, mempelajari, beradaptasi, memprediksi dan beroperasi secara indipenden.

3. Chatbot

Pada tahun 2017, chatbot diperkirakan akan diadopsi secara luas. ChatBot adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan dan dapat berinteraksi dengan manusia dengan menggunakan teks, suara, atau visual. Pada saat ini, sudah banyak chatbot yang tersedia, dengan antarmuka pengguna (user interface) yang berbeda, tapi kebanyakan dari mereka masih kurang user friendly atau belum cukup intuitif.

Dengan tren yang muncul dari aplikasi dan layanan yang terintegrasi, aplikasi ChatBot dapat diprediksi menjadi salah satu tren teknologi yang paling menjanjikan di tahun 2017. Chatbot dapat menjadi antarmuka yang lebih efisien dan efektif digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka, dan kelancaran komunikasi antara bisnis dan pelanggan memiliki arti akan adanya jumlah yang lebih tinggi dari sisi transaksi bisnis bagi perusahaan.

4. Virtual Realty dan Augmanted Realty

Tren teknologi lain yang akan muncul pada tahun 2017 adalah pertumbuhan pesat dari penggunaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Di tahun 2016 ini konten dan game berbasis virtual realty dan augmented realty mulai digemari, terbukti dengan banyak perangkat VR headset yang diluncurkan dan game Pokemon Go yang meledak dengan lebih dari 100 juta download.

Di tahun 2017 nanti pasar lebih siap dengan AR dan VR, dan akan lebih banyak konten dan game yang dirilis.

5. Segalanya On-Demand

Terima kasih dengan aplikasi seperti Go-Jek, pengguna bisa mendapatkan semua yang diinginkan hanya dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Di tahun 2017 mendatang, saya yakin akan banyak lagi layanan dari Go-Jek maupun start-up lainnya untuk memanjakan pengguna.

Tinggal duduk manis dirumah, membuka aplikasi di smartphone, kita bisa memesan kendaraan, makanan, layanan untuk membersihkan rumah hingga pijat refleksi. Dan juga tersedia berbagai metode pembayaran yang semakin memudahkan kita.

 

Comments

comments