5 Tips Melakukan Diet Sehat

5 Tips Melakukan Diet Sehat

5 Tips Melakukan Diet Sehat

Kini, mendapatkan berat badan ideal nampaknya menjadi impian banyak orang, terutama pada kaum wanita. Tak sedikit di antara mereka yang melakukan diet ketat hingga jatuh sakit. Padahal, ada beberapa hal yang harus selalu diperhatikan saat sedang melakukan diet. Berikut ini beberapa tips diet sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan kalian dengan cara mudah.

1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Meskipun sedang diet, tubuhmu tetap membutuhkan lemak dan karbohidrat. Untuk melakukan diet yang sehat, kalian bisa memilih lemak baik yang bisa kalian dapatkan dari alpukat, salmon, minyak zaitun, dan lainnya untuk membantu memberikan nutrisi pada seluruh jaringan tubuh. Sedangkan untuk karbohidrat, kalian bisa mendapatkannya dari makanan ber-GI (Glikemik Indeks) rendah seperti ubi, oatmeal, gandum, dan lainnya sebagai sumber energi saat beraktivitas.

Selain itu, saat makan siang, kalian bisa mengkonsumsi salad yang dapat membuat tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Sayuran yang mengandung serat dapat memperlancar sistem pencernaan dan membuang racun-racun lewat kotoran. Memenuhi kebutuhan nutrisi penting dilakukan dalam melakukan diet sehat.

2. Diet Sehat dengan Sarapan

Sarapan pagi sebenarnya sangat penting, karena sebagai sumber energi bagi tubuh untuk dapat melakukan aktivitas seharian. Jika kalian sedang melakukan diet sehat, jangan sampai kalian tidak sarapan pagi. Kalau tidak, badan kalian akan terasa lemas, sampai kalian makan siang.

Apabila kalian ingin melakukan diet sehat, lakukan sarapan pagi 2 jam lebih awal sebelum kalian memulai aktivitas. Karena ini akan mempercepat pembakaran energi. Cobalah sarapan dengan dua potong roti gandum dengan telur mata sapi atau telur dadar yang ditambah dengan sayuran, seperti mentimun dan tomat.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

3. Perbanyak Minum Air Putih

Tips diet sehat berikutnya adalah kalian harus memperbanyak minum air putih. Minum lah air putih minimal delapan sampai sepuluh gelas setiap hari, sebab air putih dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Hindari Makanan Pemicu Kegemukan

Saat melakkan diet sehat, sesegera mungkin untuk mengurangi konsumsi garam, gula, minuman bersoda, alkohol, atau yang mengandung kafein berlebihan. Terutama makanan kemasan atau minuman kaleng, karena kandungan gula dan pengawet pada makanan kemasan dan minuman kaleng tersebut sangat tinggi, dan inilah yang merupakan pemicu kegemukan yang terjadi pada umumnya.

5. Tetap Berolahraga

Hal paling penting dalam melakukan diet sehat adalah dengan tetap berolahraga. Diet dapat memberikan hasil yang maksimal apabila kalian mengkombinasikan asupan gizi yang baik dengan olahraga selama 60-90 menit, tiga sampai empat kali dalam seminggu. Anda bisa melakukan jogging, jalan kaki, atau bersepeda untuk membakar lemak tubuh. Bagaimana? Cukup mudah bukan?

Comments

comments