5 Kelebihan Bahasa Pemrograman Kotlin

5 Kelebihan Bahasa Pemrograman Kotlin

Ketika berbicara mengenai pemrograman Android, kemungkinan besar yang pertama ada dipikiran kamu adalah Java, dan sebelumnya memang begitu. Tetapi setelah Google mengumumkan bahwa mendukung bahasa pemrograman Kotlin sebagai bahasa resmi Android, situasinya tentu akan berubah di masa depan.

Jika kamu mempertimbahkan untuk menjadi developer Android dan mempunyai mimpi untuk bekerja di perusahaan teknologi raksasa, tentunya kamu harus dari sekarang mempelajari bahasa pemrograman Kotlin. Pada post kali ini saya akan membahas 5 kelebihan dari Kotlin.

1. 100% Java Interoperability

Salah satu keunggulan utama dari bahasa pemrograman Kotlin adalah kompatibilitasnya dengan Java. Kotlin dapat berjalan dengan baik dengan semua komponen berbasis Java dan juga memungkinkan migrasi Java ke Kotlin.

Karena fitur ini, kamu dapat mencoba dan meluncurkan proyek aplikasi Android yang dikembangkan dengan Java ke Kotlin. Jika sukses, kamu bisa pindah ke Kotlin secara bertahap, atau mengenalkan Kotlin hanya pada komponen baru.

2. Lebih Sedikit Bugs dan Meningkatkan Produktivitas

Tidak seperti Java, Kotlin merupakan bahasa dengan syntax yang bersih dan powerful. Hal ini akan menghasilkan hingga 25-35% source code yang lebih sedikit, sedangkan bytecode yang dihasilkan tetap memiliki ukuran dan efisiensi yang sama. Kelebihan ini membuat coding di Kotlin menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan dan dapat berkontribusi pada efisiensi tim developer mengingat sidikit upya untuk membuat dan menerapkan kode baru.

Kotlin juga memungkinkan pengembang untuk memberikan kode yang lebih stabil yang memiliki lebih sedikit bug. Selain itu, karena semua kesalahan terdeteksi selama kompilasi, Kotlin tampaknya lebih aman daripada Java.

3. Lebih Mudah Dipelajari

Untuk developer Java, kebanyakan syntax Kotlin akan terasa sangat tidak asing. Dan jika developer Java menemui kode yang berbeda, mereka tetap dapat mempelajarinya dengan mudah. Hal ini karena desain Kotlin yang intuitif dan mudah dibaca.

4. Kompatibel dengan Android Studio

Kotlin dikembangkan oleh pembuat Intellij, yang menjadi dasar dari Android Studio, IDE yang paling popular untuk membangun aplikasi Android. Android Studio dapat dengan mudah membaca, meng-compile dan menjadlankan kode berbasis Kotlin.

Dari Android Studio, kamu juga bisa memperbaiki bugs, menggunakan auto-complete, mencari kode, menjalankan unit testing dan me-refactor Kotlin. Konversi Java ke Kotlin jug dapat dilakukan dengan menggunakan Android Studio.

5. Kematangan

Meski masih baru diumumkan oleh Google sebagai bahasa pemrograman resmi Android, namun Kotlin secara resmi dirilis pada tahun 2011. Dan selama itu, Kotlin terus dipoles sehingga menjadi semakin sempurna dan menjadi bahasa yang bisa diandalkan.

 

Jangan lupa klik banner di bawah ini

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Web Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.

Comments

comments