5 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung

5 Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung

Perut kambung merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Rasanya sangat tidak nyaman sehingga saya melakukan pencarian untuk mengatasi perut kembung. Berikut ini adalah 5 cara mudah untuk mengatasi perut kembung.

1. Kurangi Konsumsi Produk Dengan Pemanis Buatan

Mulailah untuk makan makanan sehat, dan hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan seperti sorbitol dan aspartame. Pemanis buatan dapat menyebabkan perut kembung karena zat tambahan ini tidak bisa dicerna.

Fructose juga merupakan jenis zat tambahan yang harus dihindari. Fructose merupakan gula alami yang ditambahkan ke banyak panganan olahan, yang juga sulit dicerna oleh banyak orang. Produk yang menggunakan zat ini biasanya adalah makanan dan minuman dengan embel-embel sugar free atau bebas gula. Jadi hati-hati bukan karena produk tersebut bebas gula sehingga lebih sehat untuk kamu konsumsi.

2. Jangan Makan Terburu-buru

Cara yang yang sering saya lupakan, karena sudah dari dulu saya terbiasa makan dengan cepat. Ketika kamu mengunyah makanan kamu dengan cepat, kamu cenderung akan menelan banyak gas disaat yang bersamaan. Dan juga hasilnya potongan makanan yang masih terbilang besar masuk ke saluran pencernaan. Jika kamu makan dengan sangat cepat dan sedikit mengunyah, ada kemungkinan ada peradangan di suatu tempat pada saluran pencernaan kamu karenanya.

Cobalah untuk makan lebih lambat dan mengunyah agak lama makanan. Hal ini akan membantu untuk memproduksi lebih banyak air liur untuk membantu menyembuhkan saluran pencernaan kamu. Habiskan lebih banyak waktu untuk menikmati makanan kamu.

3. Hindari Sayuran Mentah

Memakan sayuran memang sangat menyehatkan untuk tubuh, tetapi memakan sayuran mentah dapat membuat tubuh kamu menjadi sakit. Menurut penelitian dari The University of Chicago, banyak sayuran mengandung raffinose atau pati, yang dapat menyebabkan kelebihan gas sehingga perut menjadi kembung.

Sayuran mentah memang memiliki banyak enzim yang dikatakan dapat membantu pencernaan. Tetapi banyak dari sistem pencernaan kita yang terlalu lemah untuk mencerna sayuran mentah, terlepas dari semua enzim alami mereka. Terutama sayuran mentah yang mengandung cellulose. Cellulose adalah serat yang sulit untuk dicerna oleh manusia.

Jadi untuk membantu mengatasi perut kembung cobalah untuk memasak sayuran yang ingin kamu makan.

Jangan lupa klik banner di bawah ini

4. Jangan Cemas

Kita semua memiliki hormon stres dan mereka dapat mempengaruhi sistem pencernaan, karena hormon ini dapat mempercepat segalanya di dalam tubuh.

Kecemasan dan stres juga menutup bagian dari otak yang menangani proses pencernaan makanan yang kamu makan. Stres itu sendiri menempatkan banyak tekanan pada perut kamu. Hal ini juga dapat menyebabkan hormon kamu menjadi ngadat yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan neurotransmitter. Semua hal ini dapat menciptakan lingkungan dimana makanan menjadi lebih sulit dicerna, dan mengarah pada penciptaan gas dan menyebabkan perut kembung.

5. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga juga sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Rutin berolahraga dapat membantu melepas gas. Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan sembelit dan juga membuat perut menjadi kembung. Jadi pastikan untuk rutin berolahraga.

 

Comments

comments